Perbedaan Antara Tanggal Masehi dan Hijriah

Kumpulan Perbedaan Tanggal Masehi dan Hijriah

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang beberapa macam perbedaan-perbedaan antara tanggal Masehi dan juga Hijriah. Informasi ini telah saya himpun dari beberapa sumber yang ada dibawah.

masehi hijriah
Kalender merupakan suatu sistem yang digunakan untuk memberikan nama pada sebuah periode tertentu, tapi bukan masalah kalender yang kita bahas tapi kali ini kita akan membahas lebih detail tentang perbedaan kalender masehi dan hijriah.

Berikut berbagai perbedaan antar kedua tanggal tersebut yang telah saya himpun dari berbagai sumber yang ada, semoga bermanfaat:


1. Asal Usul

Awal mula dimulainya kalender hijriah sebenarnya hasil dari khalifah Umar bin Khatab menetapkan bahwa untuk awal patokan kalender islam dimulai saat tahun dimana Rasulullah SAW hijrah dari mekkah ke madinah, dan pada saat itu tanggal 1 muharram tahun pertama hijriah sama dengan 16 Juli 622.  Akan tetapi tanggal tersebut bukanlah tanggal tepatnya Rasulullah berhijrah. Karena Rasulullah SAW berhijrah pada September 622

Awal mula kalender masehi adalah berasal dari desain kalender yang dibuat oleh kaisar roma (Julius Caesar) dan dibantu oleh tokoh astronom Iskkitariyah (Sosigenes). sesuai dengan anjuran Sosigenes penanggalan baru ini bergantung pada revolusi matahari. Sehingga diperoleh satu tahun masehi terdapat 365 hari lebih seperempat hari.

2. Dasar Perhitungan

-Hijriah didasarkan pada perhitungan peredaran bulan mengelilingi bumi atau biasa disebut dengan kalender qomariyah.

-Masehi didasarkan pada perhitungan peredaran bumi mengelilingi matahari atau biasa disebut dengan kalender syamsiyah

3. Nama Bulan
nama bulan

4. Kegunaannya

Hijriah digunakan untuk mengetahui kenampakan fase bulan. Saat awal dan akhir bulan maka kita tidak akan melihat kenampakan bulan ini biasa disebut dengan bulan mati atau bulan baru. Dan saat pertengahan bulan maka akan terlihat bulan purnama (istilah jawa graono) saat dipertengahan bulan.

Masehi digunakan untuk mengetahui gerak semu matahari yang mana nantinya akan juga berpengaruh tehadap musim di seluruh penghujung dunia.

5. Jumlah Hari

Jumlah hari pada tahun Hijriah dalam setahun adalah 354,367 hari sehingga dibulatkan menjadi 344 dan 355 hari pertahun,  Dengan rincian dalam 30 tahun terdapat 11 tahun yang memiliki jumlah hari 355 hari dan 19 tahun lainnya memiliki jumlah hari 345 hari.

Untuk jumlah hari pada tahun Masehi dalam setahun adalah 365,25 hari sehingga dibulatkan menjadi 365 dan 366 hari pertahun. Dengan rincian terdapat perbedaan saat dalam bulan februari yang biasanya 28 hari saja ditambah menjadi 29 hari tiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4)

Penambahan 1 hari di tahun yang bisa dibagi 4 ini bisa terjadi karena jika diperhatikan lebih jauh, dalam setahun jumlah hari dalam perhitungan dengan tahun Hijriah tidak persis 365 hari akan tetapi lebih tepatnya adalah 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Hal ini kalau disamakan setiap tahunnya makan setiap 4 tahun sekali Tahun Hijriah akan kekurangan 1 hari. Oleh karena itu, ditambahkan 1 hari setiap 4 tahun 
SEMOGA BERMANFAAT BAGI KAWAN-KAWAN SEMUA
Jangan lupa baca juga artikel-artikel unik lainnya DISINI

Referensi:
- https://lelitkj.wordpress.com/2011/12/30/perbedaan-tahun-masehi-dan-hijriah/
- http://a-rahman-z.blogspot.com/2014/10/beberapa-perbedaan-kalender-hijriyah.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting