Bilangan yang Terkait dengan Jaringan Komputer

Bilangan yang Sering Digunakan Dalam Jaringan Komputer


code gif
Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang memiliki beberapa perangkat pendukung seperti software, hardware dan perangkat lainnya yang mana perangkat tersebut dihubungkan satu sama lain sehingga bisa antar komputer atau perangkat lainnya seperti printer dll bisa terhubung satu sama lain dengan baik.

Jenis Bilangan yang Berkaitan dengan JarKom


Kalau kita membahas tentang jaringan, kita tidak bisa lepas dengan yang namanya bilangan-bilangan yang memang berkaitan erat dengan jaringan komputer itu sendiri, berikut daftar bilangan yang akan sering kita pelajari saat kita mempelajari tentang Jaringan Komputer.
  1. Bilangan Desimal (dec)
  2. Bilangan Desimal atau bisa disebut juga bilangan persepuluh karena menggunakan basis 10, bilangan desimal merupakan bilangan yang berbasis 10 (0-9), bilangan ini ditemukan oleh ilmuan asal persia yaitu al-kashi. nilai dari bilangan desimal dapat berbentuk integer(bilangan bulat) dan juga pecahan(mengandung nilai pecahan dibelakang koma)

  3. Bilangan Biner (bin)
  4. Bilangan Biner merupakan bilangan dengan basis 2 (0 dan 1), bilangan ini ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz seorang filsuf, ilmuwan, matematikawan, fisikawan asal Sachsen pada abad ke-17. Bilangan biner sendiri merupakan bilangan yang paling dasar dalam bilangan yang berbasis digital. Dari bilangan biner ini kita bisa mengkonversikannya kedalam bentuk hexadesimal dan juga oktal.

  5. Bilangan Oktal (oct)
  6. Bilangan Oktal merupakan merupakan bilangn yang berbasis 8 (0-7), jadi bilangan ini tidak mengenal bilangan 8 dan 9

  7. Bilangan Hexadesimal (hex)
  8. Bilangan Hexadesimal merupakan bilangan dengan basi 16 (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F), kegunaan bilangan hexadesimal dalam dunia digital sangatlah banyak,diantaranya:

  • Untuk menentukan URL:
      Berikut tampilan URL di address bar browser saya, saat saya mengetikkan "apa itu bilangan hexa desimal"
      url
      Dari tampilan gambar di atas spasi dalam URL tersebut diganti dengan %20 yang mana 20 kalau kita konversikan ke bentuk desimal adalah menjadi 32, dan 32 dalam kode ASCII adalah spasi/blank.
  • Untuk pengkodean warna
      tabel hex
      Tabel diatas saya ambil dari jonteaches.com

      Bisa kita lihat bahwasannya dari tabel untuk penentuan warna sendiri juga memanfaatkan bilangan hex dalam penerapannya, ini akan sering kita jumpai saat kita membuat CSS (Cascading Style Sheet).
  • dll hehehe... (lainnya cari sendiri ya...)

Jangan lupa juga baca artikel tentang Jaringan Komputer lainnya DISINI

*Sumber:
1. Gambar gif: modamoskva.ru
2. Ilmu Hex: http://openfreednr.blogspot.com/ (custom)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting