Mengenal tentang OSI Layer

Seputar OSI Layer


OSI (Open System Interconnection) digunakan untuk memfasilitasi sebuah komunikasi yang dilakukan oleh sistem yang berbeda tanpa harus merubah hardware dan software ditingkat underlying.
OSI layer

OSI Layer memiliki 7 lapisan, diantaranya:

  1. Lapisan Physical
  2. Physical layer bertanggung jawab atas proses data yang dijadikan kedalam bentuk bit, kemudian mentransferkannya melalui media transmisi, dan juga menjaga koneksi fisik antar sistem agar tetap terjaga dengan stabil.

    Media transmisi yang digunakan ada 3 macam:
    - Kabel Logam
    - Kabel Optik
    - dan Gelombang Radio

  3. Lapisan Datalink
  4. Tugas dari lapisan ini diantaranya: Menyediakan link untuk data yang diterima dari layer application, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan hardware yang kemudaian akan diankut melewati media. Untuk cara berkomunkasiannya menggunakan kartu jaringan.

    Datalink memiliki 2 Sublayer, yaitu:
    - Logical Link Control
    Bertugas untuk memeriksa error dan menangani transmisi frame. Frame sendiri ialah suatu paket data dan nomor urut yang bermanfaat untuk memastikan pengiriman, dan ada juga sebuah checksum yang bertugas untuk mendeteksi file yang corrupt.
    - Medium Access Control
    Bertugas untuk mengambil dan melepaskan dari dan ke kabel

  5. Lapisan Network
  6. Pada network layer data sudah dalam bentuk paket dan layer ini bertugas untuk menentukan alamat jaringan, rute dalam sebuah perjalanan untuk mencari tujuan paket, dan juga menjaga antrian pada trafik jaringan

  7. Lapisan Transport
  8. Lapisan transport merupakan lapisan yang menghubungkan 2 subgrup yaitu network support layer (Lapisan pendukung jaringan) dan user support layer (Lapisan pendukung jaringan).
    upper dan lower
    Tugas dari layer ini adalah untuk membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika "end-to-end" antar terminal, memberikan penanganan error(error handling), dan yang terakhir dan yang terpenting adalah mencari jalur yang kosong untuk transmisi data

  9. Lapisan Session
  10. Session berfungsi untuk mengatur koneksi, me-maintenance, dan menjaga antar terminal agar saling terhubung satu sama lain dengan baik. Terdapat 3 mode dialog yang ada dalam session layer, diantaranya:

    - Simplex
    Data yang kirim hanya kesatu arah saja, contoh: radio, televisi dll.
    - Half-Duplex
    Data yang dikirim ke dua arah secara bergantian, contoh: HT (Handy Talk).
    - Full-Duplex
    Data dikirimkan dan diterima secara bersamaan, contoh: browsing internet.

  11. Lapisan Presentation

  12. Presentation layer memiliki tugas untuk mengatur bagaimana sebuah data itu dikonversikan dan diformat untuk keperluan pentransferan data. Contohnya: saat akan mengkonversikan format text ASCII untuk dokumen (.gif atau .jpeg) maka layer ini akan membentuk sebuah kode konversi, translasi data dan juga enkripsi konversi.
  13. Lapisan Application
  14. Untuk layer ini tugasnya adalah menyediakan aplikasi pengguna, bertanggung jawab atas pertukaran informasi yang didapat dan dikeluarkan antar program komputer, contohnya: seperti program email, server printer dan layanan-layanan lain yang terhubung antar komputer.

    Sumber*:
    -ppt "Referensi OSI Layer" oleh Bapak Andri Eko.

    Jangan Lupa Juga Baca Artikel Lainnya Mengenai Jaringan DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting