Contoh Susunan Makalah yang Baik dan Benar

Bagian-bagian yang Ada Dalam Makalah Ilmiah


Makalah merupakan sebuah tulisan yang membahas masalah tertentu yang akan di bahas di sebuah forum. Makalah sendiri sering kali digunakan untuk menunjukkan laporan dari tugas mahasiswa ataupun siswa sekalipun.

makalah
Makalah setidaknya harus memiliki 3 BAB (Tiga BAB), diantaranya: Pendahuluan, Pembahasan, dan Penutup. Dari ketiga BAB tersebut terdapat sub-bab lagi yang harus disertakan. Untuk memperdalamnya mari kita pelajari.

1. Pendahuluan
Dalam BAB pendahuluan setidaknya harus ada 3 sub-bab yang dibahas, diantaranya: 

  • Latar Belakang
  • Latar belakang berisi tentang rasionalisasi penulis terhadap dilakukannya penelitaan, penjelasan yang terjadi, memberi ulasan masalah dan yang terakhir argumen kenapa harus melakukan penelitian ini.
  • Rumusan Masalah
  • Rumusan masalah biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dibahas dalam BAB pembahasan, dan untuk pertanyaannya harus sesuai dengan materi yang akan diteliti.
  • Tujuan Penulisan
  • Tujuan penulisan dibuat untuk memberitahukan kepada pembaca tentang alasan apa yang membuat penulis mengangkat tema tersebut kedalam sebuah makalah ilmiah.

2. Pembahasan
Isi dari BAB pembahasan ini sendiri sangat berkaitan dengan rumusan masalah yang sudah dibuat sebelumnya, untuk kegiatan yang harus dilakukan dalam membuat isi dari pemabahasannya adalah: Mengidentifikasi, Mengklasifikasi, Mengilustrasi, Menguraikan, Menganalisa, Memberi alasan dan bukti yang kongkrit tentang apa yang telah disampaikan dengan keilmuannya.

Dalam penyusunan BAB ini, haruslah disusun dengan cara yang sistematis sesuai dengan rumusan masalah yang dibuat dan pembahasannya juga tidak boleh melebar, sehingga di BAB pembahasan ini nantinya akan bisa menjawab masalah yang dikemukan di rumusan masalah secara sistematis juga.

3. Penutup
Untuk penutup hanya terdiri dari Kesimpulan dan Saran dari penulisan yang telah menelaah secara keilmuannya. Sehingga dapat kita artikan kalau kesimpulan merupakan jawaban yang lebih ringkas dari rumusan masalah yang di jawab didalam BAB pembahasan tadi.

Kalau saran merupakan argumen dari penulis yang didasarkan pada kesimpulan yang telah dibuat dan hal ini juga merupakan salah satu tindak lanjut daru pemecahan permasalahan yang ada sebelumnya.

*sumber :
  1. gambar: fakhrizal78.blogspot.com 
  2. ilmu : Widyartono, 2014. Bahasa Indonesia RISET. Tim UBMedia

Jangan lupa juga lihat artikel mengenai BAHASA lainnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting