Kenalan Dengan SEO (Search Engine Optimization)

Blogger Harus Tau Tentang SEO

Search Engine Optimization atau sering disebut SEO merupakan sebuah cara yang digunakan untuk mengoptimalkan halaman blog kita supaya bisa berada di halaman google, bing, yahoo atau yang lainnya.

kcfullservice
Sebelum kita belajar lebih jauh lagi, mari kita lihat dulu sejarah dari SEO itu sendiri.

Sejarah SEO

Penyebutan SEO (Search Engine Optimization) ini berasal dari sebuah pesan spam yang dipostingkan pada 26 Juli 1997 di Usenet (sistem diskusi internet secara global 'via wikipedia').

Dimasa itu algoritma mesin pencari belum se-kompleks seperti sekarang, sehingga dapat dimanipulasi dengan mudah. akibatnya pencarian yang dilakukan user tidak akurat dan ini juga merugikan user itu sendiri maupun penyedia layanan tersebut karena informasi yang diharapkan tidak relevan.

Istilah Dalam SEO

SEO On Page
Untuk SEO ini akan memaksimalkan page kita dari struktur blog kita sendiri (dari dalam), yang perlu di perhatikan antara lain:
  1. Template SEO Friendly
  2. Biasanya dengan menggunakan template yang seo friendly biasanya struktur kode html-nya sudah diberi berbagai teknik seo, contohnya website yang menyediakan tempalate seo friendly adalah : www.evotemplates.net/ (mas-sugeng), contohblognih.blogspot.com (cb) dll.
  3. Meta Tags
  4. Untuk meta tags banyak jenisnya, diantaranya: meta deskripsi, meta keyword, meta author dll. Untuk penggunaan meta deskripsi yang benar akan bisa membuat kekuatas SEO blog anda, dan akan muncul pada snippet deskripsi google saat pencarian. berikut contohnya:
    meta tag
  5. Heading (h1,h2,h3...)
  6. Dengan menggunakan teknik heading yang baik, google akan lebih mudah mengindex halaman anda selain itu juga pembaca blog/ website kita akan lebih mudah untuk membacanya karena mereka akan lebih mengerti apa saja poin-poin pentingnya.
    heading
  7. Image ALT Tag
  8. Fungsi dari ALT Tag merupakan untuk mendeskripsikan dari gambar tersebut. berikut cara untuk memberikan ALT tag di blog:

    - Saat anda akan membuat posting, dan menyertakan gambar didalamnya, silakan anda pilih gambar tersebut, lalu pilih properties di deret menu sebelah kanan.

    - Isi Image Text dan Alt Tag sesuai dengan deskripsi gambar tersebut seperti ini:
    alt tag

    - Lalu anda pilih "OK", dan hasilnya akan seperti dibawah ini, ada title kecil yang menunjukkan deskripsi yang kita buat tadi
    alt tags

SEO Off Page
Kebalikan dari SEO On Page yaitu pengoptimalisasian SEO dari luar, dalam hal ini terkait backlink, inbound link dan juga promosi blog anda. Untuk melakukan itu semua yang bisa kita lakukan diantaranya:
  1. Memanfaatkan Sosial Media sebagai Media Promosi
  2. Medsos bisa kita gunakan dalam berpromosi gratis untuk mengenalkan blog kita ke kawan-kawan di medsos sehingga akan banyak yang tau dan semoga traffic anda juga akan bertambah, selain itu medsos bisa kita manfaatkan untuk menjalin blokwalking, sehingga selain menambah tali silaturahmi antar blogger, kalau kita beruntung kita bisa mendapat backlink dari kawan-kawan blogger tapi tetap harus bijak dalam mencari backlink ya kawan...
  3. Submit Blog
  4. Submit blog bisa kita manfaatkan untuk mendaftarkan halaman blog kita agar dirayapi oleh mesin pencari, contoh submit blog diantarnya: sumbit ke google, submit ke bing, indexkings dll.
  5. Ikuti di Forum-forum Diskusi
  6. Forum diskusi bisa kita jadikan media promosi juga untuk blog kita dengan ikut serta aktif. Contoh forumnya seperti kaskus.
  7. Memanfaatkan Sosial Bookmark
  8. Dengan mensubmit blog kita ke social bookmark maka akan lebih banyak lagi orang yang mengetahui tentang blog kita, dan semoga dengan banyak tau maka akan mengalir visitor kita, namun jangan lupa juga semua itu harus dibarengi dengan konten-konten yang menarik di blog kita. Contoh sosial bookmark : beritalife.com.


Semoga sedikit pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian yang membutuhkan, dan jangan lupa kunjungi artikel-artikel SEO lainnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting