Kenalan Lebih Jauh dengan Framework

Apa itu Framework?

Framework atau dalam bahasa indonesia diartikan kerangka kerja merupakan sebuah kumpulan fungsi (libraries) yang mana fungsinya adalah untuk memudahkan kita untuk melakukan pengkodean.

framework
Jadi begini, seorang programmer dalam membuat sebuah aplikasi pastilah mempunyai gayanya sendiri-sendiri, repotnya jika kita akan mengembangkan sebuah project yang dibuat oleh orang lain. ini akan sangat sulit dibandingkan kita membuat project dari awal.

Alasannya karena banyak dari programmer tidak memberikan dokumentasi, komentar/ keterangan dalam programnya. Dan yang lebih parah lagi jika ada programmer yang memang tidak memproteksi, mengenkripsi ataupun menyebunyikan kodenya agar tidak mudah di modifikasi.

Oleh karena itu, lahirlah framework sehingga dapat mempermudah dalam pengerjaan project ataupun mengembangkan project, karena didalam sebuah framework sudah ada aturan-aturan untuk memakainya, sehingga programmer satu dan lainnya pastinya gaya coding tetap sama.

Macam-macam Framework

1. Laravel
Laravel merupakan salah satu framework berbasis php yang memang sangat mantap. Laravel memang dibuat untuk membantu developer dalam membangun sebuah sistem yang besar dan kuat, dengan didukung unit integrasi.

Yang mau download frameworknya langsung saja download DISINI
laravel


2. CodeIgniter
Setau saya, framework ini adalah framework yang sangat popular, mungkin memang karena toolkit nya sederhana namun tetap menghasil yang cmiwiwiw..hehe. CodeIgniter sendiri tidak membatasi coding yang dibuat dan framework ini juga memiliki solusi sederhana meskipun untuk membangun sistem / aplikasi yang rumit sekaligus.

Yang mau download frameworknya langsung saja download DISINI
CI

3. CakePHP
Dari namanya saja sudah unik, tapi dari nama tersebut memang mewakilkan jenis framework ini, karena CakePHP memang sangat mudah digunakan. Dengan mengatur database yang akan anda gunakan, anda sudah langsung siap untuk memanfaatkan framework ini. CakePHP juga dilengkapi dengan alat untuk memvalidasi dan memprotecy terhadap injeksi SQL

Yang mau download frameworknya langsung saja download DISINI
cakePHP

4. Yii
Framework ini memiliki kelebihan yaitu mampu bekerja secara efisien dengan AJAX. Yii sendiri memang sangat mementingkan keamanan dalam pengkodean. Oleh karena itu, Yii sangat protective dalam validasi inputan, SQL injection maupun Cross site scripting.

Yang mau download frameworknya langsung saja download DISINI
yii


5. Dan masih banyak yang lain...

Namun yang patut kita perhatikan saat kita sudah diberikan kemudahan-kemudahan untuk membuat sebuah sistem, kita juga tetap harus belajar asal usul dari pembuatan sistem yang memudahkan kita dalam melakukan semua kegiatan ini seperti apa.

Karena dikhawatirkan apabila kita hanya terlena dan hanya memanfaatkan sesuatu tanpa mengetahui asal usulnya, bisa jadi programer berkualitas akan semakin berkurang jumlahnya karena sudah terbiasa dengan hal-hal yang mungkin bisa dibilang memanjakan diri sendiri..

Jangan Lupa Juga Baca Modul Pemrograman Lainnya DISINI

referensi:
-http://mediabisnisonline.com/10-framework-php-untuk-para-developer-website/
-http://agiptek.com/index.php/php/98-sedikit-pemahaman-tentang-apa-itu-framework.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting