Bagaimana Cara Mencari Peluang Bisnis

Bisnis ADA karena Peluang itu ADA

Mungkin kalimat tersebuat bisa menggambarkan bahwasanya bisnis itu ada karena memang ada peluang untuk bisa kita manfaatkan, lalu peluang yang seperti apa yang bisa kita manfaatkan, dan bagaimana kita bisa melihat peluang tersebut untuk bisa kita manfaatkan.

peluang
Saat kita menemukan peluang yang baik, belum tentu kita bisa memanfaatkannya dengan baik kalau kita tidak bisa mengenalinya. Menyadari peluang yang baik itu membutuhkan bakat, insting, dan mungkin juga sedikit keberuntungan.

Namun, dari semua itu ada beberapa hal penting yang selalu hadir pada peluang yang baik pula, berikut diantaranya:

  1. Apakah Produk atau Jasa Anda Sesuai Kebutuhan?
  2. Pertama dan yang terpenting adalah kita harus tahu kebutuhan akan produk ataupun jasa yang kita tawarkan itu sesuai dengan kebutuhan dari konsumen. Jadi kebutuhan konsumen tersebut merupakan salah satu peluang yang harus kita manfaatkan untuk meraih keuntungan.
    kebutuhan
  3. Anda Memiliki Sumber Daya yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda
  4. Kalau sudah ada kebutuhan yang untuk saat ini bisa kita manfaatkan untuk menjadi keuntungan, selanjutnya kita harus tahu, dari apa yang dibutuhkan tersebut, apakah ada Sumber Daya baik berupa SDA(Sumber Daya Alam) atau SDM(Sumber Daya Manusia) yang ada mendukung atau tidak,

    Mendukung dalam hal ini yang diperhitungkan adalah jarak, kuantitas, tingkat ekonomisnya, dampak bagi lingkungannya, dan aspek-aspek lain yang tentunya menyesuaikan dengan kondisi lapangan seperti apa, karena dalam menjalankan usaha kita pasti tidak bisa melakukannya sendiri, pasti ada pihak-pihak lain dalam mendukung usaha kita

    sumber daya
  5. Pemberian Harga Sesuai dengan Pasar
  6. Kenapa poin ini masuk dalam cara-cara untuk mencari peluang, ini karena harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi daya beli konsumen terharap produk atau jasa yang kita tawarkan

    Pentingnya tahu akan fluktuasi harga pasar membuat kita harus cepat tanggap untuk selalu menyesuaikan, akan tetapi tetap tidak mempengaruhi kualitas dari produk atau jasa yang kita tawarkan.

    harga
  7. Waktu yang Tepat dalam Hal Produksi Hingga Pemasaran (Opsional)
  8. Pemilihan waktu yang tepat untuk memproduksi sampai pemasaran itu sangat penting untuk kita perhitungkan, karena kebutuhan seseorang yang menjadi mangsa pasar kita terkadang juga berubah-ubah.

    Kita ambil contoh saat terdapat musim produk A, dan produk A ini lagi ngetren banget, bisa jadi memang produk A ini sedang laku dipasaran, jadi mungkin produk yang serupa tersebut bisa jadi juga laku berat di pasar, itu sedikit analogi sederhananya.
    waktu

Namun yang terpenting dari itu semua adalah NIAT, karena dengan niat yang tulus dan disertai dengan tekat yang kuat, insyallah apa yang kita cari, apa yang kita inginkan insyallah akan diberikan kemudahan oleh Tuhan untuk kita mencapainya. Mungkin itu sedikit yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat!!

Lihat juga beberapa contoh bisnis plan, DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting