Siapakah Pembuat "Virus Komputer" Pertama Kali???

Bagi kawan-kawan yang baca postingan ini pastilah pernah tau lah virus itu apa, tapi taukah anda siapa orang yang pertama kali membuat virus, dan alasannya apa sih orang tersebut melakukan hal tersebut, berikut penjelasan lengkapnya, meskipun belum tentu lengkap sih..hhehe


Ok sekarang kita mulai belajar sejarah ..... :)

Virus sendiri memiliki 2 (dua) tipe, pertama virus dengan tujuan untuk penelitian, yang mana biasanya tidak di publikasikan, dan yang kedua adalah virus yang memang bertujuan untuk membahayakan ataupun merusak sistem komputer.

Virus komputer pertama kalinya dibahas bertepatan dengan terciptanya komputer. Sekitar tahun 1949, seorang pencipta komputer, John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), membahas mengenai kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya, dalam makalahnya “Theory and Organization of Complicated Automata”.
John von Newman

Di tahun 1960-an, perkembangan virus komputer terjadi pada AT&T Bell Laboratory salah satu laboratorium komputer terbesar di dunia yang telah menghasilkan berbagai hal dalam dunia teknologi, seperti bahasa C dan C++

Menurut beberapa situs terpercaya menyebutkan bahwasannya di laboratorium ini,  saat istirahat tiba, biasanya para peneliti membuat sebuah suatu program yang mampu memusnahkan dan membetulkan dirinya dan balik menyerang lawan mainnya. ada pula yang membuat program permainan yang dapat memperbanyak dirinya secara otomatis.

Perang program seperti ini disebut Core War, untuk mengetahui pemenangnya dalam setiap pertandingan, dilihat dari sisa terbanyak dari sela waktu yang telah ditentukan. Karena memang dari awal para peneliti menyadari bahaya dari program tersebut bila bocor keluar laboratorium, maka setiap selesai permainan, program selalu dimusnahkan.

Selanjutnya tahun 1970 an, Xerox mengenalkan program untuk membantu kelancaran kerja. Struktur programnya menyerupai virus, tapi program ini untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dan pada waktu yang bersamaan dua tugas dapat dilakukan.

Kemudian di tahun 1980-an, perang virus terbuka bermula atas pemaparan Fred Cohen, ia juga mendemonstrasikan sebuah program ciptaannya, yaitu suatu virus yang dapat menyebar secara cepat pada sejumlah komputer.
Fred Cohen

Pada tahun 1981 muncul virus yang bernama Elk Cloner, menyebar melalui floppy disk pada komputer Apple II. virus ini diciptakan oleh Richard Skrenta yang duduk di bangku kelas 9 dan memang beliau merupakan sosok bandel, dan sangat pintar,
Richard Skrenta

Elk Cloner menyebabkan error yang hampir tidak terlihat sampai pada kali ke-50 disket tersebut dipergunakan. Lalu bukan game yang akan terbuka, melainkan sebuah pantun akan muncul pada layar, berikut tampilan virusnya
“Elk Cloner: The program with a personality
It will get on all your disks
It will infiltrate your chips
Yes, it’s Cloner!
It will stick to you like glue
It will modify RAM too
Send in the Cloner!”
Selanjutnya ditahun 1983, Fred Cohen dalam paper-nya yang berjudul ‘Computer Viruses – Theory and Experiments’ memberikan definisi pertama mengenai virus komputer dan memaparkan eksperimen yang telah dilakukannya untuk membuktikan konsep dari sebuah virus komputer. Bersama dengan Len Adelman, ia menciptakan sebuah contoh virus pada komputer VAX 11/750 dengan sistem operasi Unix.

Kemudian pada tahun 1986 kakak adik dari Pakistan, Basit Farooq Alvi dan Amjad Farooq Alvi, menciptakan sebuah boot sector virus pertama yang diberi nama Brain. Brain sering kali disebut sebagai virus komputer pertama di dunia.

Virus ini sebenarnya dimaksudkan untuk menginfeksi media penyimpanan berbasis MS-DOS dengan sistem file FAT. Awalnya virus ini digunakan untuk menginfeksi PC IBM yang mana cara kerjanya adalah dengan menggantikan kerja boot dari floopy disk menjadi virus. dan hasilnya adalah program virus tersebut menggatikan label disk dengan pesan sebagai berikut:

PC-based Trojan pertama diciptakan dalam bentuk program shareware yang diberi nama PC-Write.
Dalam beberapa laporan disebutkan bahwa file virus pertama, Virdem, juga ditemukan pada tahun yang sama. Virdem diciptakan oleh Ralf Burger.
"Welcome to the Dungeon (c) 1986 Basit & Amjads (pvt) Ltd VIRUS_SHOE RECORD V9.0 Dedicated to the dynamic memories of millions of viruses who are no longer with us today – Thanks GOODNESS!! BEWARE OF THE er.. VIRUS : this program is catching program follows after these messages….$#@%$@!!"
Berikut dokumentasi yang di unggah dari Neatorama
basit dan amjad
foto basit dan amjad

disk brain
sector boot dari disk brain

Sebenarnya masih banyak lagi penjelasan mengenai virus, tapi mungkin sedikitnya sudah terjawab dari judul yang saya buat diatas, apabila sobat ingin mempelajari lebih jauh mengenai virus komputer, bisa sobat pelajari dari referensi-referensi dibawah ini.

Referensi:



Jangan lupa juga untuk membaca info tekno lainnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting