Perbedaan Antara Ban Tubless dan Ban Biasa

Lebih Jauh tentang Ban Tubless dan Ban Biasa

Ban merupakan salah satu bagian vital khususnya bagi segala jenis kendaraan darat. Penemu ban yang sekaligus merupakan bapak ban adalah Dunlop dan Thomshon pada tahun 1845, namun namanya saat itu adalah ban hidup atau disebut dengan ban berongga udara. 

tubeless
Dengan perkembangan zaman dan teknologi akhirnya Charles Kingston Welch berhasil menemukan ban dalam, dan William Erskine Bartlet menemukan ban luar. Dan berkat beliau-beliau dan atau seizin Tuhan lah akhirnya kita bisa berkendara dengan nyaman.

Sekarang mari kita mulai membahas apa saja sih perbedaan dari ban biasa (tube type) dengan ban tubless, berikut ulasannya:


1. Secara fisik

Ban Tubless tidak memiliki ban dalam, bentuk ban nya cenderung lebih bulat, ini menguntungkan saat kita kerap melakukan manuver-manuver dan juga saat memacu kita dalam kecepatan tinggi.

Untuk Ban Biasa (Tub Type) memiliki ban dalam, bentuknya pun sedikit kotak, sehingga akan menyulitkan kita untuk bermanuver dalam kecepatan tinggi, jadi kawan-kawan harap berhati-hati saat menggunakan ban jenis ini.

2. Secara Kekuatan

-Menurut beberapa sumber, Ban Tubless memiliki umur lebih pendek, sekitar 1.5 tahun dengan asumsi pemakaian wajar setiap harinya. Yang mendasari pernyataan ini adalah, komponen yang digunakan untuk untuk membuat Ban Tubless lebih lunak dibanding Ban Biasa.

Ban Tubless lebih tahan saat terkena paku atau benda tajam lain yang bisa membuat bocor, lebih tahan bukan berarti kebal sama paku dan saudara-saudaranya, maksudnya disini saat menggunakan ban tubless lalu kita terkena benda tajam yang bisa mengakibatkan bocor, biasanya ban tubless akan tahan beberapa saat, disini kita harus rutin cek kondisi ban kita. sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

-Sekarang kita beralih ke Ban Biasa (Tube Type), untuk masalah umur memang Ban Biasa lebih tahan lama dibanding dengan ban tubless, rata-rata umur ban biasa dengan asumsi penggunaan wajar setiap harinya dapat bertahan sampai 2 tahun lamanya.

Sedangkan untuk ketahanan Ban Biasa (Tube Type) terhadap benda tajam yang mengenai ban seperti paku, serpihan kaca dll. dengan sekejap akan membuat ban menjadi kempes jadi kita harus siap siaga untuk mencari tukang tambal ban.

www.hargabanmobil.com


3. Masalah Biaya

-Ban Tubless harganya relatif lebih mahal dibanding dengan ban biasa, dan saat ban bocor, ongkos untuk tambal ban pun juga mahal, dan tambahan untuk memasang ban tubless, velg yang kita pakai harus menggunakan velg khusus yang cocok dengan desain ban tubless

-Ban Biasa (Tube Type) untuk masalah harga memang sangat terjangkau, bahkan ada ban biasa yang nama ban kanisiran (ban biasa bekas yang desain kembangnya diperdalam lagi) yang harganya jauh lebih murah lagi tapi saya TIDAK MEREKOMENDASIKAN untuk membeli yang bekas seperti itu karena secara desain awal memang sudah tidak laik pakai lagi.

Lalu untuk ongkos tambal ban sendiri juga relatif lebih murah dibanding dengan ban tubless, dan juga saat kita menggunakan ban biasa, kita tidak perlu repot-repot cari velg yang sesuai dengan ban biasa, karena ban biasa cocok untuk segala velg.

4. Saran Penggunaan

-Ban Tubless yang mana secara fisik memang tidak memiliki ban dalam, yang otomatis karakteristiknya pasti lebih keras dibanding dengan ban dalam, maka untuk pemakaiannya lebih tepatnya digunakan pada jalanan yang mulus. Jika digunakan dengan jalan yang tidak rata lalu terjadi benturan yang drastis maka efeknya tidak langsung ke ban tapi bisa ke velg, sok dll.

Jadi, penggunaan ban tubless bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan jalur sehari-hari yang kita lewati.

-Ban Biasa (Tube Type) untuk penggunaannya memang cocok untuk berbagai kondisi, baik dijalan yang kurang rata, mulus ataupun saat hujan pun ban biasa lebih unggul dibanding Ban Tubless namun dalam segi kegunaannya di jalur yang digunakan.

Mungkin itu dulu beberapa perbedaan antara ban tubless dan ban biasa, semoga bisa membantu kawan-kawan yang membutuhkan informasi tersebut.

Jangan Lupa Juga Baca Artikel Menarik Lainnya DISINI

Referensi:
-https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090220045116AAoOuLI
-http://www.kaskus.co.id/thread/513aea178327cff31a00000e/mari-belajar-tentang-ban-tubless-dan-ban-biasa-tubetype

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting