Pengertian CMS dan Macam-macamnya

Content Management System (CMS)

CMS merupakan sebuah perangkat yang bisa kita manfaatkan untuk membuat ataupun memanipulasi / mengubah isi dari sebuah website. 

cms
Untuk CMS sendiri kita tidak perlu membutuhkan pengetahuan yang bersifat teknis seperti pemahaman tentang pemrograman web. karena mulai dari template ataupun susunan plugin-nya bisa mudah kita manipulasi sesuai kebutuhan.

CMS sendiri bersifat open source, jadi perkembangannya sangat pesat didunia, dan banyak juga penyedia layanan internet yang juga membuat CMS instant yang didistribusikan secara free. 

Bahkan saat ini banyak pengembang aplikasi CMS sudah menggunakan konsep framework, sehingga kita akan lebih dimudahkan lagi dengan CMS ini.

CMS bisa kita manfaatkan untuk membuat berbagai jenis website, seperti:
  • Toko Online
  • Website Personal
  • Website untuk Galeri Foto
  • Website Perusahaan, Bisnis, Organisasi, dll

Macam-macam CMS

  • CMS Wordpress
      Untuk CMS wordpress bisa dikategorikan sebagai jenis blog, namun lebih dari itu terkadang developer menggunakan CMS ini untuk membuat website profil perusahaan, toko online dll. Karena CMS wordpress sendiri memang sangat user friendly. 

    wordpress
      Yang mau coba, bisa download DISINI (win & linux).
  • CMS Joomla

      Untuk CMS joomla hampir sama seperti dengan CMS wordpress, bisa untuk membangun website profile perusahaan, personal, toko online, dll. Namun yang membedakan dari Wordpress adalah Joomla lebih kompleks dalam manajement nya dan lebih powerfull dibanding dengan Wordpress.

    joomla
      Yang mau coba, bisa download DISINI
  • CMS Drupal

      Untuk CMS Drupal dalam penggunaannya untuk membangun berbagai jenis halaman web memang sangat mudah. Akan tetapi memang untuk desain drupal tidak sebaik dengan CMS Joomla. Namun nilai plus nya adalah drupal memiliki modul tambahan seperti search engine friendly dan search tool

    drupal

      Yang mau coba, bisa download DISINI
  • Aura CMS

      Berbanggalah kita karena kawan-kawan kita yang setanah air, tanah air indonesia ini telah mampu membuat CMS, akan tetapi, memang untuk secara kualitas masih kalah dengan CMS yang sudah saya uraikan diatas, Namun semoga para pengembang dalam negeri mampu mengembangkan sehingga CMS buatan Indonesia mampu bersaing dengan CMS diatas.
    aura

      Yang mau coba, bisa download DISINI
  • CMS Prestashop

      CMS ini memang dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan sangat simple, jadi kalau mungkin kawan-kawan ingin membangun sebuah website toko online, saya merekomendasikan menggunakan CMS prestashop, atau ada juga CMS Openchart yang mana fungsinya juga hampir sama.
    prestashop
      Yang mau coba, bisa download DISINI
  • CMS Moodle

      Untuk CMS Moodle mungkin kawan-kawan sering menjumpainya di Instansi-instansi pendidikan seperti sekolah atau pun perguruan tinggi. CMS Moodle biasa digunakan untuk membuat e-learning (media belajar elektronik), fitur dari CMS moodle juga sangat lengkap, mulai dari online test sampai dengan forum diskusi antar member juga ada.
    moodle
      Yang mau coba, bisa download DISINI
Intinya disini semua tergantung kebutuhan dalam pemanfaatan penggunaannya, ada yang memang dikhususkan untuk pembelajaran, online shop maupun untuk umum pun juga bisa, tinggal kita memanfaatkannya secara maksimal untuk hasil yang maksimal juga

#happycoding

Referensi:
1. http://www.it-jurnal.com/2014/10/pengertian-cms-content-management-system.html
2. http://kentos.web.id/pengertian-content-management-system-cms/
3. http://www.virmansyah.info/2012/11/pengertian-cms-dan-macam-macamnya.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting