Tutorial Menambah Video di Artikel Blog

Memasukkan Video ke dalam Artikel Blog

Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui tentang bagaimana cara menambahkan video kedalam artikel blog kita dengan mudah. Dalam tutorial kali ini saya akan membagikan 2 cara untuk memasukkan video kedalam artikel blog kita, langsung saja kita mulai.

youtube

Cara Pertama

Untuk cara pertama kita akan memasukkan video dengan cara langsung menyematkan (embedded) video milik kita. untuk bisa menyematkan sebuah video kedalam artikel blog kita, sobat harus punya dulu video di Youtube (karena prakteknya menggunakan Youtube).

Tapi kalau males bisa juga sih langsung buka youtube, pilih video yang sobat inginkan untuk dimasukkan di blog sobat dan langsung ikuti langkahnya dibawah ini. kalau bisa sih harusnya upload karya sendiri biar lebih afdol.. (jangan kayak saya ya..hehehe)

Ok..sekarang kita mulai menyematkan video kedalam blog kita, ikuti langkah dibawah ini dengan seksama:

Pertama, Buka video milik kita terlebih dahulu, misal langsung kunjungi video berikut (TKW Lucu)
Kedua, Scroll ke bawah pilih bagikan / share -> sematkan/ embeded -> atur ukuran -> copy script i frame seperti berikut:

sematkan video

Ketiga, Sebelum anda mempastekan script tadi, silakan tambahkan dahulu perintah untuk membuat video menjadi di tengah. dengan menambahkan <center>...</center>, hasilnya seperti berikut:
<center><iframe width="420" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/wqhIRIuJ0eI" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></center>
Keempat, Paste-kan script i-frame tersebut kedalam artikel kita tapi ingat ngopy-nya ke dalam HTML jangan di compose. kalau anda melakukannya dengan benar maka hasilnya akan muncul seperti berikut:


Kalau belum berhasil dengan cara diatas, coba baca lagi dengan seksama mulai langkah yang pertama, hingga keempat. kalau masih belum bisa silakan coba cara kedua dibawah ini.

Cara Kedua

Untuk cara kedua, kita akan langsung meng-upload file videonya kedalam blog kita jadi file video tersebut akan tersimpan kedalam akun google kita, berikut cara selengkapnya:

Pertama, Pastikan kalau anda memasang sudah punya blog..(ini hal terpenting dan wajib ..hehe)

Kedua, Silakan buat entri baru, atau postingan baru, kemudian sobat lihat di menu toolbar sobat pilih icon file video yang seperti gambar film, seperti berikut.

toolbar

Ketiga, akan muncul jendela baru, berikut beberapa pilihannya

-upload = untuk meng-upload langsung dari PC kita
-from youtube =  kita bisa mencari video dari youtube langsung
-my youtube video = kita mengambil video dari video youtube yang kita miliki
-from your photo = kita mengambil file video dari folder photo anda.

Langkah Keempat, saya akan mengupload file video langsung dari PC saya, saya pilih pada menu upload lalu silakan cari file video yang akan di upload pada file manager anda, kemudian pilih open, kemudian file video anda akan langsung  di upload. setelah upload berhasil, biasanya videonya akan langsung muncul, seperti dibawah ini


Kalau sobat mengikuti langkah-langkah mulai dari awal kemungkinan besar akan berhasil seperti saya, mungkin sekian tutorial sederhana yang bisa saya share ke kawan-kawan..semoga bermanfaat bagian kawan-kawan sekalian

#happyblogging

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting