Sosok Dibalik Ketegaran RI 1

Mengenal Sosok Ibu Negara


Ibu Negara merupakan seorang sosok yang benar-benar multi talent, kenapa saya bilang begitu, karena beliau tidak hanya menjadi seorang ibu rumah tangga ataupun sekedar ibu dari anak-anaknya, namun beliau juga mencerminkan perempuan dinegaranya, dan pastinya juga ikut dalam memajukan bangsa ini dengan ide-ide cemerlangnya. Berikut sedikit ulasan Ibu Negara kita tercinta.

Ibu Fatmawati

1. Ibu Fatmawati (1945-1967, Soekarno)

Beliau adalah sosok wanita hebat dibalik kesuksesan Presiden pertama RI. Beliau sangat dikenal jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Merah Putih. Bendera ini lah yang dikibarkan pertama kali waktu upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan di Jl. Pegangsaan Timur No. 2 Jakarta Pusat.

2. Ibu Tien (1967-1998, Soeharto)

Ibu Tien
Beliau merupakan satu-satunya orang yang menjadi ibu negara paling lama di Indonesia, sampai beliau wafat pada tahun 1996 pun suami masih menjabat menjadi presiden dikala itu. Jasa Ibu Tien sangatlah besar bagi indonesia.

Beliau adalah pencetus ide untuk membuat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang mana TMII bisa disebut miniatur Indonesia yang mencakup mulai dari budaya, adat istiadat, seni, dll. selain itu beliau juga sebagai motor penggerak untuk Perpustakaan Nasional dan juga RS Jantung Harapan Kita

3. Ibu Hasri Ainun Habibie (1998-1999, BJ Habibie)

Ibu Ainun
Beliau adalah salah satu tokoh yang cukup banyak mendapat penghargaan, diantaranya: Bintang Mahaputra Adi Pradana, Bintang Mahaputra Adipurna, dan juga Mahaputra Utama, Penghargaan ini merupakan apresiasi untuk seseorang yang memang dianggap punya peran besar terhadap negara.

Tidak hanya itu, beliau yang memang berprofesi sebagai dokter juga aktif untuk mendirikan Yayasan Bank Mata untuk menyantuni mata tunanetra. dan setelah suaminya tidak lagi jadi presiden beliau juga tetap aktif dan terpilih kembali menjadi Ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI).

Tidak cukup itu saja, beliau juga menjadi wakil ketua dewan pendiri yayasan SDM Iptek dan juga pendiri Yayasan Beasiswa Orbit (Yayasan Amal Abadi Orang Tua Bimbingan Terpadu) yang mana yayasan ini sudah tesebar di seluruh Indonesia

4. Ibu Sinta Nuriyah Wahid (1999-2001, Gus Dur)

Ibu sinta nuriyah wahid
Beliau merupakan salah satu ibu negara yang memang benar-benar konsen dalam hal untuk pemberdayaan perempuan, keseriusannya ini dapat dilihat saat Muktamar NU tahun 2004, beliau dengan lantang menolak makanan yang disajikan restoran waralaba yang mana pemiliknya memang menganut poligami. menurutnya ia ingin mengubah persepsi lama para kaum adam terhadap wanita.

Konsennya terhadap pemberdayaan wanita juga di Implementasikan lewat Yayasan PUAN AMAL HAYATI (Pesantren Untuk Pemberdayaan Perempuan)yang resmi berdiri sejak Maret 2001, Namun sebenarnya yayasan ini sudah ada sejak 3 Juli 2000, ini dilakukan karena beliau tidak ingin adanya campur tangan dari pemerintah dan juga timbulnya persepsi buruk masyarakat.

5. Ibu Ani Yudhoyono (2004-2014, SBY)

Ibu Ani Yudoyono
Salah satu perannya sebagai ibu negara adalah dengan membuat sebuah perkumpulan istri Mentri Indonesia Bersatu yang kemudian perkumpulan ini diberi nama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang mana tujuan dibentuknya perkumpulan ini adalah untuk membantu masyarat khususnya anak-anak dan juga perempuan yang kurang beruntung.

Kegiatan yang dilakukan oleh SIKIB dilakukan dengan membuat program "Indonesia Sejahter" yang mana dibagi menjadi 5 yaitu, Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif, dan Indonesia Peduli.

Selain aktif di kegiatan kemasyarakatan beliau juga mendapat beberapa penghargaan bergensi, seperti Penghargaan berupa pin emas dari M Yunus (Pemegang Nobel Perdamaian dan pendiri Grameen Bank, Bangladesh) yang mana diberikan karena beliau mendorong dan mengembangkan UKM dan Kredit Mikro lewat program PERKASSA (Program Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera) dan Indonesia Kreatif

6. Ibu Iriani (2014-sekarang, Jokowi)

ibu ana widodo
Untuk informasi yang ter-update setelah beliau menjadi ibu negara belum banyak beredar beritanya, namun yang pasti saat di Solo maupun di DKI beliau memang sangat aktif dalam kegiatan sosial yang mana di lakukan didalam ke organisasian PKK misal, memantau kesehatan anak-anak di Posyandu, masalah KDRT, sosialisasi program-program yang dicanangkan pemerintah dll.

Dan tentunya dari itu semuanya pasti banyak yang dilakukan oleh Ibu Iriani ini dengan sosoknya yang memang sederhana, seperti yang dilakukan suaminya bapak Joko Widodo yang memang juga sangat nyaman dengan kesederhanaannya.

Kesimpulan

Dari berbagai kisah para srikandi dibalik kesuksesan para pemimpin negri ini, patut lah kita sadari dan percaya pepatah yang menyebutkan "Dibalik Kesuksesan Pria Terdapat Wanita Hebat di Belakangnya", ibu-ibu negara yang ada dalam periodenya masing-masing memang sudah tebukti memiliki pengaruh terhadap suaminya.

Oleh sebabnya, janganlah kita remehkan perempuan, kita semua patut menghargai perpempuan bukannya kita pandang remeh karena memang mungkin mereka memiliki fisik yang memang sebagian besar kurang dibanding dengan laki-laki namun karena mereka lah seorang laki-laki bisa meraih kesuksesannya karena didorong oleh kaum hawa. Semoga Indonesia Semakin Jaya.... 

sumber: Perpusnas


Jangan lupa kunjungi juga artikel seru lainnya tentang berbagai hal-hal menarik yang mungkin anda belum tau hanya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting