Kupas Tuntas Flowchart

Pengetahuan Dasar tentang Flowchart

flowchart
Bagi kawan-kawan yang khususnya lagi belajar pemrograman dasar, mungkin pengetahuan dasar untuk Flowchart sangat lah dibutuhkan karena ini merupakan materi dasar yang sangat kita butuhkan.

Apa itu Flowchart?

Flowchart adalah suatu uraian simbol gambar (chart) yang mana umumnya saling terkait satu sama lain sehingga membuat sebuah aliran (flow) dari suatu proses algoritma. atau bisa dengan kalimat sederhana bisa kita artikan sebuah diagram alir yang merepresentasikan (mewakili) penyusunan algoritma.

Untuk tambahan, di Wikipedia juga disebutkan bahwasannya menurut Sterneckert diagram alir (flowchart) memiliki 4 jenis yaitu:
  1. Diagram Alir Dokumen, diagram yang menunjukkan kontrol dari sistem aliran dokumen.
  2. Diagram Alir Data, diagram yang menunjukkan kontrol dari sistem aliran data.
  3. Diagram Alir Sistem, diagram yang menunjukkan kontrol dari sistem aliran secara fisik.
  4. Diagram Alir Program, diagram yang menunjukkan kontrol dari program dalam sebuah sistem.

Simbol flowchart sendiri ada bermacam-macam dan memiliki fungsinya masing-masing, berikut simbol beserta deskripsi flowchartnya:
flowchart
flowchart

Berikut contoh Diagram Alir (Flowchart) untuk menulis bilangan 1 sampai 10
contoh


Keterangan:
Dimulai dengan simbol Predefined-Data, Nilai variabel x = 1, lanjut keselection (bawahnya) memproses apakah x <= 10 (kita tau nilai awalnya 1 berarti proses ini bernilai benar) maka akan di cetak x, kemudian x++ artinya nilai x = 1 tadi dijumlahkan dengan Nilai variabel x awal tadi yaitu 1 tadi, Nah..langkah ini dilakukan sampai nilai x memenuhi semua persyaratan yang ada di selection tersebut yaitu x <= 10, dan jika variabelnya tidak memenuhi syarat maka proses akan selesai

Jadi, setelah kita cermati materi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwasannya kita membuat flowchart dapat kita manfaatkan untuk menyelesaikan masalah yang tersusun secara logis dan matematis.

Sekian dulu sharing dari saya, mungkin kalau ada yang tidak berkenan dengan tulisan saya, silakan saja buka Kebijakan Akses dan Contact saya.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel tentang Proses Penerjemahan Bahasa Pemrograman DISINI


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting