Pengenalan Visual Basic

Seluk Beluk Visual Basic (VB)

vb

Apa itu Visual Basic?

Visual Basic adalah turunan dari bahasa pemrograman BASIC yang mana produk ini menawarkan pengembangan perangkat lunak (Software) komputer yang berbasis grafik dengan cepat (wikipedia)

Sejarah Perkembangan Visual Basic

Jika diruntut dari mulai awal, Visual Basic atau yang lebih sering kita sebut dengan VB mulanya berasal daru bahasa BASIC (Beginner's Symbolic Instruction Code) yang dianggap sebagai awal mula keberhasil dari pembelajaran bahasa pemrograman bagi para pemula secara gampang dan pastinya cepat. 

Setelah itu muncul berbagai macam varian baru seperti Turbo Basic, GWBASIC dan juga BASICA di tahun 1991, dan Microsoft Corporation mengeluarkan Visual Basic 1.0 yang mana kemudian dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasi RAD (Rapid Application Development) yang paling mudah untuk dipelajari saat itu.

Selanjutnya Visual Basic semakin berkembang sehinggan muncul versi 2.0, 3.0 dan yang terakhir sekaligus yang mulai paling stabil adalah Visual Basic 6.0. dan kemudian pengembangan yang selanjutnya adalah versi pertama dari Visual Basic.NET di tahun 2002. berikut tabel sejarah perkembangannya.
tabel sejarah vb

Seputar Visual Basic

Platform .NetFramework
Microsoft .NET adalah strategi Microsoft untuk menghubungkan sistem, alat (device) dan juga indormasi, sehingga user dapat berkomunikasi lebih efektif. Tekonlogi .NET sendiri terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web Service. Microsoft .NET sendiri awalnya disebut NGWS (Next Generation Windown Services

IDE Visual Basic
IDE (Integrated Development Environment) atau juga bisa disebut juga Integrated Design/ Debugging Environtment, merupakan Perangkat Lunak (Software) komputer yang memiliki fungsi untuk membantu programer dalam mengembangkan Perangkat Lunak (Software). atau garis besar adalah suatu wadah pengembangan aplikasi yang sudah terintegrasikan lengkap dengan beragam tools atau utilies pendukungnya. sehingga akan memudahkan para programer dalam membuat sebuah perangkat lunak.


Semenentara itu dulu yang bisa saya sampaikan, silakan anda baca Modul-modul Pemrograman yang lain DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting