Pengenalan Linux + Free Ebook

Mari Kita Kenalan dengan Linux!


Linux, merupakan salah satu pilihan Operating System (OS) yang mungkin bisa kita jadikan referensi untuk OS kita. 

linux
Saya yakin mungkin beberapa dari kawan-kawan masih menggunakan OS windows, karena memang tidak dipungkiri secara pengoperasiannya memang lebih mudah.

Nah, sekarang mari kita sedikit berkenalan dengan linux karena linux sendiri lebih bisa meng-explore kemampuan kita. Baik kita mulai saja, nama linux diturunkan dari nama pembuatnya yaitu "Linus Torvalds" seorang mahasiswa asal Finlandia.

Awalnya pembuatan linux sendiri terinspirasi dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andre Tanenbaum. Pada tanggal 5 oktober 1991, Linus mengenalkan linux versi 0.02 yang hanya bisa menjalankan shell bash dan GNU C Compiler (GCC).

Dalam perkembangannya, linux berkembangan sangat pesat, ini dikarenakan linux yang memang diluncurkan secara open source sehingga dapat dikembangkan oleh beragam kelompok/ perorangan dengan tidak mengurangi rasa hormat dengan tidak mengganti source aslinya dan nama pembuatnya.

Kenapa Harus Memilih LINUX ?


Pertama, linux itu open source meskipun terkadang ada yang dikomersilkan tapi setidaknya harganya tidak melampaui OS komersil lainnya. Open Source itu kita tidak dipusingkan dengan masa trial, crack, jadi insyallah halalan toyyiban, karen kita memiliki hak akses sepenuhnya, tidak harus menggunakan crack alias membajaknya. (meskipun saya sendiri masih juga menggunakan yang bajakan sih.. hhe)

Kedua, distribusi / distronya sangat banyak baik hasil karya anak negeri sendiri ataupun orang-orang asing, jadi kita bisa memilih distro yang sesuai dengan keinginan kita. Berikut sedikit daftar distro linux:
  1. Arch Linux
  2. Debian
  3. Ubuntu
  4. Linux Mint
  5. BlankOn
  6. Backtrack
  7. Kali Linux, dll.
Sebenarnya distro linux sangat banyak, jika anda berniat lebih mendalaminya, untuk selengkapnya bisa anda cari DISINI

Ketiga, Linux menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi, proses dan file yang ada didalam OS itu sendiri.

Keempat, Linux sendiri bisa melakukan multitasking (OS bisa bekerja bersamaan dalam satu waktu), multiconsole (memungkinkan lebih dari satu user masuk kedalam sistem), multiuser (dapat digunakan lebih dari satu user dalam satu waktu). dan masih banyak kelebihan-kelebihan lainnya.

Itu saja yang mungkin bisa saya sampaikan, semoga menambah sedikit pengetahuan kita tentang OS Linux. Jika anda ingin mulai belajar, sebaiknya anda download ebook berikut:

Sumber:
1. Gambar : www.archlinux.org
2. Ilmu dari ebook "Pengenalan linux karya Sri Rahayu".

Jangan lupa juga baca artikel lainnya mengenai Linux DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting