Jenis-jenis Paragraf Sesuai dengan Tujuan Penulisan

Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuan Penulisan


Dalam sebuah karya tulis, paragraf terbentuk untuk menyampaikan sebuah tujuan tertentu, dari tujuan tersebut penulis akan bisa menyampaikan apa yang dituangkan kedalam tulisannya.

saya cinta bahasa indonesia
Untuk jenis-jenis paragraf sendiri memiliki karakter masing-masing dan karakter ini harus bisa ditempatkan sesuai dengan tujuan penulis itu sendiri.

Terdapat 5 jenis paragraf yang berdasarkan tujuan penulisannya, diantaranya: Paragraf Deskripsi, Paragraf Eksposisi, Paragraf Argumentasi, Paragraf Persuasi dan Paragraf Narasi.

Dari kelima paragram tersebut, masing-masing memiliki kegunaannya masing-masing, sekarang mari kita kupas satu persatu.

  1. Paragraf Deskripsi
  2. Paragraf deskripsi merupakan suatu gambaran yang terperinci dan jelas seolah-olah pembaca bisa merasakan dan atau melihatnya sendiri apa yang dibacanya. Penulis akan menulis paragraf deskripsi biasanya seruntut mungkin supaya pembaca mudah memahaminya.

    Berikut contoh paragraf deskripsi:
    Perjalanan ke gunung semeru merupakan salah satu perjalanan wisata yang tidak bisa saya lupakan, karena mulai dari perjalanan masuk ke pendakian, saya disuguhkan pemandangan yang luar biasa, pohon-pohon yang hijau, udara yang sejuk, dan penduduk pribumi yang ramah. Banyak juga para wisatawan yang istirahat sejenak untuk berfoto-foto karena memang pemandangannya sangat mengagumkan.

  3. Paragraf Persuasi
  4. Paragraf persuasi merupakan suatu ajakan yang dimuat dalam sebuah paragraf yang mana ajakan tersebut didasarkan dengan bukti-bukti nyata untuk lebih menyakinkan pembaca untuk mengikuti ajakan dari penulis tersebut, paragraf seperti ini kebanyakan dibuat untuk iklan.

    Berikut contoh paragraf persuasi:
    Narkoba merupakan salah satu dari berbagai jenis barang yang tidak boleh disalahgunakan dalam penggunaannya, kita tau sendiri bahwa narkoba sudah banyak memakan korban, BNN sendiri telah mencatat kalau setiap tahunnya di Indonesia 15.000 jiwa melayang akibat penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, marilah kita jauhi narkoba, selamatkan generasi penerus bangsa atau kita ikhlaskan kepada-Nya.

  5. Paragraf Eksposisi
  6. Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang berisikan pemaparan yang bertujuan untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari penulis, paragraf ini sangat berguna untuk menyampaikan informasi khusus secara mendalam. Selain itu juga paragraf ini bisa digunakan untuk menyampaikan tahp-tahapan atau proses kerja

    Berikut contoh paragraf eksposisi:
    Strategi dalam penanggulangan bencana yang dilakukan oleh tim SAR dilakukan untuk mencapai sebuah kekompakan regu untuk cepat tanggap setiap ada bencana. Kegiatan ini merupakan langkah perencanaan untuk selalu sikap siaga.

  7. Paragraf Narasi
  8. Paragraf narasi merupakan paragraf yang berisikan sebuah alur cerita, sebuah kejadian atau peristiwa yang mana melibatkan tokoh, tempat dan waktu.

    Berikut contoh paragraf narasi:
    Imam diberitahu temannya agar bergegas karena akan diajak temannya untuk cari makan, Ia langsung bergegas untuk bersih-bersih lalu siap-siap diteras nunggu dijemput temannya, setelah menunggu lama ternyata tidak jadi.

  9. Paragraf Argumentasi
  10. Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisikan tentang sebuah pendapat yang disertakan suatu alasan untuk memperkuat atau menolak pendapat tersebut. Jadi, paragraf yang disebut dengan paragraf argumentasi nantinya harus memenuhi syarat yaitu memiliki sebuah gagasan/ pendapat yang harus diperkuat dengan sebuah alasan, baik itu alasan menolak atau mendukung dari gagasan tersebut.

    Berikut contoh paragraf argumentasi:
    Seharusnya pemerintah dalam memutuskan untuk menaikkan BBM harus dipikirkan masak-masak, karena kita tau sendiri kalau BBM naik, semua kebutuhan pokok juga pasti akan naik, pengusaha akan bingung menggaji karyawannya, sedangkan operasional perusahaan naik. Jadi, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah kebijakan.

Jangan lupa juga baca artikel mengenai bahasa lainnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting