Cara Menulis Kutipan untuk Karya Ilmiah

Penulisan Kutipan dengan Berbagai Model


Kutipan merupakan salinan dari kalimat, ataupun paragraf yang didapat dari hasil karya orang lain. Jadi dengan menulis kutipan kita setidaknya akan belajar menghargai karya orang lain, belajar jujur dalam membuat sebuah karya tulis.
i love indonesia

Model penulisan kutipan sendiri terbagi menjadi 2, yaitu:

1. Kutipan Langsung


Kutipan langsung merupakan suatu cara untuk meng-copy paste karya orang lain secara menyeluruh. kalau seseorang menggunakan metode ini maka dia diwajibkan untuk mencantumkan nama penulis aslinya sebagai rasa hormat dan penghargaan atas tulisannya.

Mungkin untuk metode ini bagi kawan-kawan penulis merupakan metode yang bisa dibilang sangat rendah kualitasnya, didalam kutipan langsung sendiri ada 3 metode juga, berikut pembahasannya:

- Kurang dari 40 kata
Kutipan model ini ditulis sama seperti aslinya dengan ketentuan jumlah katanya kurang dari sama dengan 40 kata, untuk cara penulisannya menggunakan tanda petik ("...") dan yang harus dicantumkan diantaranya: nama belakang penulis, tahun penerbitan, halaman, dan baru teksnya. Berikut cara penulisannya:
    Cara 1
    Widyartono (2014:15) menyatakan bahwa "Untuk menghitung jumlah kata, dapat ditulis dalam program Microsoft Word untuk kalimat-kalimat yang akan dikutip".
    Cara 2
    "Untuk menghitung jumlah kata, dapat ditulis dalam program Microsoft Word untuk kalimat-kalimat yang akan dikutip" (Widyartono, 2014:15).

- 41-250 kata
Kutipan model ini ditulis sama seperti aslinya dengan panjang jumlah katanya minimal 41 dan maksimal 250 kata, untuk cara penulisannya menggunakan spasi 1, menjorok kedalam 1,2cm (sekali tab), ditulis rata kiri-kanan. Berikut cara penulisannya:
    Widyartono (2014:15) memberikan penjelasan tentang cara penulisan kutipan yang baik dan benar, karena dengan memberikan sebuah kutipan kita akan bisa menghargai karya orang, sehingga harapannya nanti tulisan kita sendiri akan dihargai oleh orang lain. Dengan kita memberikan sebuah kutipan juga akan menghindarkan kita dari status pembajakan, karena terkadang karya orang lain sudah memiliki hak cipta sendiri.

- Sebagian dihilangkan
Kutipan model ini ditulis sama seperti aslinya, hanya saja penulisannya tidak semua diambil hanya bagian terpentinya dan sebagian dihapuskan, untuk menghapuskan bagian yang mungkin kurang dibutuhkan ditandai dengan tanda elipsi (...). Berikut cara penulisannya:
    Cara 1
    Widyartono (2014:15) "memberikan penjelasan tentang cara penulisan kutipan yang baik dan benar, karena dengan memberikan sebuah kutipan kita akan bisa menghargai karya orang, ..., karena terkadang karya orang lain sudah memiliki hak cipta sendiri".
    Cara 2
    "memberikan penjelasan tentang cara penulisan kutipan yang baik dan benar, karena dengan memberikan sebuah kutipan kita akan bisa menghargai karya orang, sehingga ... . Dengan kita memberikan sebuah kutipan juga akan menghindarkan kita dari status pembajakan, karena terkadang karya orang lain sudah memiliki hak cipta sendiri". (Widyartono, 2014:15). 

    Dari kedua cara diatas kita bisa melihat bahwa tanda elipsis menggunakan titik sebanyak 3 kali, dan tanda selanjutnya merupakan penanda akhir kalimat.

2. Kutipan tidak Langsung


Metode ini merupakan sebuah metode penulisan yang hanya meng-copy pastekan IDE dari penulis aslinya. Jadi kutipan yang ditulis menggunakan bahasanya sehingga berbeda dengan kalimat aslinya namun tanpa mengubah ide dari penulis itu sendiri sehingga antara kalimat asli dan kalimat kutipannya berbeda. Berikut cara penulisannya:
    Cara 1
    Widyartono (2014:15) menyatakan bahwa "Pentingnya cara penulisan yang baik dan benar dapat sama saja seperti menghargai karya orang lain karena ada orang yang memang sudah memiliki hak cipta dari karyanya".
    Cara 2
    "Pentingnya cara penulisan yang baik dan benar dapat sama saja seperti menghargai karya orang lain karena ada orang yang memang sudah memiliki hak cipta dari karyanya". (Widyartono, 2014:15). 

Sekian sedikit ilmu yang bisa saya bagi ke kawan-kawan, jika mungkin ada kesalahan dari sedikit ilmu yang saya share, atau kesalahan-kesalahan lain mohon di Informasikan ke kontak saya. Terima kasih

Jangan lupa juga kunjungi artikel mengenai bahasa lainnya DISINI

sumber:
  1. gambar dari www.anneahara.com
  2. Widyartono, 2014. Bahasa Indonesia RISET. Tim UBMedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting