Seputar Data Center

Pentingnya Pengetahuan Mengenai Data Center

data center
Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu saya dapatkan dari infoteknologi.com memobee.com dan juga syafuddinanwar.web.id mengenai Tempat Untuk Data Center.

Apa itu Data Center?

Data Center merupakan sebuat tempat yang memiliki fasilitas untuk menempatkan sistem komputer dan juga komponen-komponen terkait (dalam hal ini sistem telekomunikasi dan juga penyimpanan data). 

Fasilitas yang biasanya harus ada di Data Center biasanya seperti, Daya Cadangan, Pengontrol Lingkungan (ex: Air Cooler, Ventilasi dll), Piranti Keamanan Fisik, dan juga Pencegah Kebakaran. Data center biasanya memiliki ratusan bahkan ribuan server yang ditempatkan di rak-rak secara rapi dan struktur. 

Tiap-tiap ruagan untuk data center biasanya memiliki UPS, daya cadangan, pendingin, keamanan dan jaringan yang saling tehubung dan ditata secara detail. Bahkan biasanya lantai dimana server itu ditempatkan memiliki sebuah peredan dan selokan untuk tempat jaringan kabel listrik maupun komputer.

Dimana Data Center Bisa di Tempatkan?

Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dimana sebuah data center bisa ditempatkan dalam sebuah daerah tertentu, diantara:
  1. Daya Untuk Operasional Data Center
  2. Data center sendiri memang membutuhkan daya yang tidak sedikit, sekalipun padam pasti data center pun tidak akan beroperasi sama sekali meskipun hanya sesaat saja. Dan imbasnya pasti sangat besar bagi pengguna yang berlangganan dengan data center tersebut, Oleh karenanya, infrastruktur daya yang mumpuni adalah faktor yang sangat krusial.
  3. Sistem Pendingan dan juga Iklim
  4. Didalam data center terdapat berbagai fasilitas dan komponen elektronik yang berkumpul menjadi satu didalam satu ruangan dan ini bisa menimbulkan panas yang sangat besar, oleh karena itu butuh pendingin ruangan dan akan lebih efisien lagi jika iklim diluar sejuk dan dingin, suhu dari luar akan membantu mendinginkan suhu didalamnya dan ini juga akan menghemat biaya.
  5. Resiko dari Bencana
  6. Data center juga harus dilingkungan yang paling safety, yaitu di daerah yang paling minim terjadi bencana, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, tsunami, ataupun jalur penerbangan dll. Ini bertujuan untuk meminilkan resiko kerusakan yang bisa dialami oleh data center tersebut.
  7. Keamanan Data (Data Security)
  8. Untuk masalah privacy dari kerahasian data menjadi hal yang juga paling dipertimbangkan, karena di suatu negara yang dapat menyimpan ataupun menumpulkan data yang ada di data center merupakan sebuah ancaman serius terhadap keamanan data baik bagi perusahaan tersebut dan juga pelanggan mereka yang menyimpan datanya di data center tsb.

Dimana Tempat Data Center Situs-situs Besar Berada?

Berikut tempat-tempat data center situs-situs besar seperti Facebook, Microsoft, Google, Amazon, E-bay, maupun twitter yang telah saya himpun dari memobee.com
  1. Gedung Data Center Google di Taiwan
  2. Sebenarnya untuk Data Center Google banyak sekali di Amerika terdapat di Berkeley County, South Carolina. Council Bluffs, Iowa. Douglas County, Georgia. Quilicura, Chile. Mayes County, Oklahoma. dan di Lenoir, North Carolina. The Dalles, Oregon. di Asia ada di Changhua County, Taiwan. dan Singapore, Kemudian di Eropa ada di Hamina, Finland. St Ghislain, Belgium. Dublin, Ireland. dan di Eemshaven, Netherlands (sumber: google)
    data center google
     Persebaran Data Center Google

  3. Data Center Facebook di Lulea, Swedia
  4. data center facebook

  5. Data Center Microsoft di Dublin, Irlandia
  6. data center microsoft

  7. Data Center Twitter di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat
  8. twitter

  9. Data Center E-bay di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat
  10. e-bay
Sekian sedikit info mengenai data center yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan saya sendiri khususnya, dengan adanya artikel ini juga semoga bisa lebih menambah wawasan kita mengenai data center.

Jangan juga baca artikel-artikel info-info teknologi menarik lainnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting