Sejarah YouTube

Awal Mula Kejayaan YouTube

Nah kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya dapat dari berbagai sumber, mulai dari wikipedia.com maxmanroe.com dll. Adakah dari anda yang masih belum kenal dengan gambar disamping tersebut? saya yakin hampir 99% dari kawan-kawan semua pasti mengenalnya. iya kan?hehe

Apa itu YouTube?

Youtube temasuk jenis situs blog Vblog (baca jenis-jenis blog) yang mana situs ini menyediakan konten hanya berupa video, ini merupakan situs yang mengizinkan untuk mengunggah video berapapun besarnya disini dan bisa kita bagikan ke siapapun, dan Youtube sendiri menurut Alexa per tanggal 29 Maret 2015 sekarang ini menempati posisi di peringkat ke-3 setelah google dan facebook.

Sejarah YouTube

YouTube merupakan karya dari 3 orang sahabat yang awalnya bekerja di Paypal, mereka adalah Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Menurut berbagai sumber terpercaya, ide awal untuk membuat Youtube  muncul pada Januari 2005 yang mana saat itu Chad dan Chen mengikuti pesta dan mereka merekam kegiatan di pesta tersebut untuk di tunjukkan ke Karim, karena saat itu Karim tidak ikut.
dari youtube

Namun, Setelah merekam mereka kesulitan untuk membagikan lewat email ke karim karena video yang akan diunggah terlalu besar filenya. singkat cerita 3 sahabat tersebut memutuskan untuk membuat situs yang bisa untuk berbagi video, yang bisa memudahkan user agar bisa mengunggah maupun melihat video secara mudah dan akhirnya lahir lah YouTube. dan video pertama yang diunggah berjudul Me at the zoo yang di unggah oleh Jawed Karim

Seperti layaknya kisah sukses tokoh-tokoh besar, YouTube tidak sekejap langsung mendapat tanggapan positif, berbagai cara promosi dari mulai menyebar lewat email, dari teman ke teman mendekati pakar media massa dll. Namun semua belum ada sampai mereka berada di titik jenuh dan mulai frustasi.

Namun, dengan adanya pendanaan dari Sequioa Capital dengan nilai total $11,5 juta antara mulai bulan November 2005 sampai April 2006, 3 sahabat ini melakukan berbagai perkembangan. Dan dengan jerih payah mereka, Youtube mulai berkembang Pada bulan Juli 2006 dengan tiap harinya terdapat 65.000 video yang diunggah dan 100.000 penayang,

Semakin hari pertumbuhan web ini semakin naik dan akhirnya di bulan Oktober 2006 Google Inc. resmi membeli YouTube dengan nilai mencapai $1,65 miliar dalam bentuk saham dengan rincian sebagai berikut:

- Chad Hurley = 694.087 lembar saham, 41.232 trust sehingga total $345 juta.
- Steven Chen = 625.366 lembar saham, 68.721 trust sehingga total $326 juta.
- Sequioa Capital = 941.027 lembar saham dengan nilai $442 juta (penanam modal)
- Jawed Karim = 137.443 lembar saham dengan nilai $64 juta (Karim sudah keluar dari Youtube)

Tidak sampai disini saja sepak terjang YouTube ditahun-tahun berikutnya situs berbagi video ini mulai menempatkan diri dihati penggemarnya, Menurut artikel yang dilansir oleh Forbes menyebutkan bahwa:

- Tahun 2008 pendapatan YouTube mencapai $200 juta dari penjualan iklan.
- Tahun 2010 YouTube melayani 2 miliar pengguna perhari
- Tahun 2011 YouTube menerima kunjungan hingga 3 miliar perhari
- Tahun 2012 YouTube menerima kunjungan hingga 4 miliar perhari.

Benar-benar pencapaian yang sangat mencengangkan bukan, semoga para pengunjung yang telah membaca kisah sukses dari 3 sahabat pendiri youtube ini bisa termotivasi dan mungkin bisa membuat situs yang lebih fresh dan bisa menyamai atau pun melebihi buatan kawan-kawan bule yang smart-smart tersebut meskipun itu mungkin sangat sulit dan butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit sih.. Pokoknya tetap semangat... :)

Jangan lupa juga artikel menarik tentang Sejarah dari Blogger DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting