Sejarah Blogger

Sejarah Perangkat Publikasi Blog (Blogger)

blogger
Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya dapat dari Wikipedia.com yang sedikit menyinggung topik tentang Sejarah dari Blogger.


Sudah tahukah anda sejarah Blogger?

Mungkin dari kita ada yang masih belum tau termasuk saya yang mana di tahun 2015 ini baru tau tentang sejarah Blogger itu sendiri, padahal saya sendiri sudah mengenal google sejak bertahun-tahun lalu meskipun tidak memanfaatkannya seutuhnya pada waktu itu. hehe

Tahun 1999 tepatnya tanggal 23 Agustus, Blogger diluncurkan oleh perusahaan bernama Pyra Labs sebagai salah satu Perangkat Publikasi blog pertama di dunia, Blogger saat itu memang sangat berperan dalam hal mempopulerkan format blog di dunia.

Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi (diambil alih) oleh Google, dan saat itu Google juga membuat sejumlah fitur-fitur premium Blogger yang mana sebelumnya memang dikomersialkan oleh pihak Pyra Labs dan kemudian menjadi layanan yang sepenuhnya gratis (free).

Di tahun Oktober 2004, salah satu seorang yang membangun Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google. dan ditahun tersebut juga Google membeli Picasa, dan di integrasikan dengan Blogger, sehingga pengguna Picasa bisa mempublikasikan koleksinya kedalam situs blog miliknya.

9 Mei 2004, Blogger mengenalkan beberapa perubahan pada sistem publikasi blognya dengan menambahkan fitur seperti template yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbaru namun masih dalam tahap beta, yang mana diberi nama kode "Invader". Versi ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan juga tak lupa juga untuk menambahkan beberapa fitur baru. dan akhirnya pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. dan Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.

Desain Ulang Blogger.

Sebenarnya migrasi data ke server Google ini merupakan salah satu tahap dari Desain Ulang Blogger, Blogger mengklaim bahwasannya dengan migrasi tersebut. Layanan mereka akan lebih stabil karena kualitas server dari Google lebih baik dari sebelumnya

Setelah migrasi layanan Blogger ke Server Google tersebut, beberapa fitur baru pun turut diperkenalkan, seperti Manajemen LabelSetting Layout yang cukup fleksibel (drag-and-drop), Izin Pembacaan Blog dan Opsi Web Feed yang baru.

Lebih lanjut, kini setiap blog bisa diperbaharui lebih dinamis lagi, berbeda dengan sebelumnya di mana tiap-tiap posting atau komentar baru, diharuskan dengan menulis ulang file HTML. Namun Pada September 2009, Google yang bertepatan perayaan Tahun ke-10, mereka meluncurkan fitur baru yaitu Post, Penyempurnaan Gambar, dan juga Implementasi berbasis Google Docs, Pratinjau, Undo, Redo dll,

Di tahun 2010, Blogger mengenalkan template barunya yang mana mereka juga melakukan desain ulang kembali situsnya. dan akhirnya di tahun 2013, Blogger menambah fitur, salah satunya adalah fitur untuk komentar yang terintegrasi dengan Google+, dan di tahun ini juga Fitur mobile template juga diluncurkan sehingga pengguna dapat melihat blog pada Handphone atau Gadget mereka dengan design yang tersesuaikan

Jangan lupa baca juga Artikel Seru Lainnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting