Perbedaan Skripsi Thesis Disertasi

Bedanya Skripsi Thesis dan Disertasi

Jika kita dengar ataupun hanya lihat dan baca ketiga tulisan judul diatas pastilah kita semua tau bagaimana susahnya memikirkan salah satu dari tulisan judul tersebut.

lulus
 Mungkin bagi yang belum merasakan seperti saya pastinya santai-santai saja, karena memang saya pribadi belum pernah merasakan membuat sebuah sekripsi, apalagi thesis, bahkan disertasi..hehe

Tapi saya tau bagaimana tertekannya kawan-kawan, senior-senior saya bahkan dosen saya yang sedang membuat disertasi pun terlihat juga sangat tertekan mendengar pembahasan yang menyangkut hal mengenai disertasi, dan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan Skripsi, Thesis dan Disertasi.

Skripsi?

Skripsi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang mana ini dibuat berdasarkan teori yang sudah ada kemudian di implementasikan, skripsi sendiri digunakan untuk mendapatkan gelar sarjana (S1 / Strata Satu). Untuk pembuatan skripsi sendiri bisa langsung terjun kelapangan bisa juga dengan melakukan kajian pustakan.

Thesis?

Thesis merupakan karya tulis ilmiah dimana dibuat berdasarkan teori yang sudah ada kemudian teori tersebut dikembangkan dengan melakukan pengujian-pengujian hipotesa (masih bersifat praduga) untuk mencari kebenaran dari hipotesa yang di ambil. Thesis sendiri digunakan untuk mengambil gelar Magister (S2 / Strata Dua)

Disertasi?

Disertasi merupakan sebuah karya ilmiah yang memang harus ekstra dalam pembuatannya, karena mahasiswa/i S3 diharuskan bisa menemukan teori baru yang memang dapat dibuktikan kebenarannya. dan untuk disertasi sendiri digunakan untuk mengambil gelar doctor (S3/ Strata Tiga). 

Jadi, dari ketiga pemaparan singkat tersebut kita bisa simpulkan perbedaannya terdapat di cara mendapatkan gelar dan juga tingkat akademis. 

Untuk Skripsi digunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana dan bobot dari skripsinya adalah hanya untuk mengimplementasikan teori yang sudah ada. kalau Thesis digunakan untuk mendapatkan gelar Magister dan untuk bobot akademisnya adalah dengan mengembangkan teori-teori yang sudah ada. sedangkan Disertasi digunakan untuk mendapat gelar doctor dan untuk bobot akademisnya adalah dengan membuat sebuah teori baru yang harus bisa uji kebenarannya.

Sekian untuk malam ini, semoga sedikit ilmu yang saya dapatkan kemarin pagi ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan. Jangan lupa juga lihat contoh kuisioner sederhana DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
21 April 2015 17.26 delete

wahhhh aku lg skripsi neh.... bisa minta bantuin buat pendahuluan gak... hehheheh....

Reply
avatar

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting