Cloud Computing (Computasi Awan)

Cloud Computing, Komputasi Awan

Definisi Cloud Computing
cloud-computing
Cloud Computing atau komputasi awan adalah sebuah teknologi gabungan komputasi dan internet menghasilkan sebuah layanan virtual yang memudahkan kita untuk menggunakan perangkat, software, tempat penyimpanan (storage) dan platform dengan menggunakan jaringan internet

Sehingga kita tidak perlu membeli komputer dan perangkat lain, atau membeli lisensi dari sebuah software yang tentu biaya nya lebih mahal daripada biaya dari cloud computing. Asal kata awan yaitu berasal dari symbol yang sering digunakan untuk menggambarkan jaringan internet.

Cloud computing dapat diakses dimanapun dan kapanpun dengan perangkat apapun, seperti: laptop, pc, handphone, dsb. Selagi kita punya akses internet. Cloud computing ada yang bersifat berbayar dan gratis. Pemakaian cloud computing bisa diatur sesuai dengan kebutuhan kita untuk memakainya. Cloud computing saat ini sangat disukai oleh pebisnis dikarenakan perhitungan biaya operasionalnya yang relatif lebih ringan.


PERKEMBANGAN CLOUD COMPUTING
Bermula pada tahun1960-an, John McCarth seorang pakar komputer  berpendapat Di buku Douglas Parkhill, The Challenge of the Computer Utility  bahwa “Perhitungan suatu hari nanti dapat diatur sebagai utilitas publik.”

Kemudian pada akhir tahun 1990-an, lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai munculnya perusahaan pengolah data center. Selanjutnya pada tahun1995, Larry Ellison, pendiri Oracle, melahirkan wacana “Network Computing”. Ide itu menyebutkan bahwa PC tidak perlu dibenamkan software yang membuat berat kinerja dan cukup diganti sebuah terminal utam a berupa server.

Pada awal tahun 2000-an, Marc Beniof, eks Vice President Oracle melansir aplikasi CRM berbentuk “software as a service” bernama Salesforce.com ini adalah sebagai penanda lahirnya cloud computing.

Tahun 2005, situs online Amazon.com meluncurkan Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud), diikuti Google dengan Google App Engine, dan IBM yang melansir Blue Cloud Initiative. Perhelatan cloud computing meroket sebagaimana berjalanya waktu. Sekarang, sudah banyak sekali pemakaian sistem komputasi itu, ditambah lagi dengan sudah meningkatnya kualitas jaringan komputer dan beragamnya gadget yang ada. Contoh dari pengaplikasianya adalah Evernote, Dropbox, Google Drive, Sky Drive, Youtube, Scribd, dll.

LAYANAN CLOUD COMPUTING
Terdapat 3 jenis layanan yang ada di dalam cloud computing, diantaranya:
  1. Infrastruktur as a Service (IaaS)
  2. Infrastruktur as a Service adalah layanan dari cloud computing yang mengharuskan kita untuk menyewa infrastruktur IT, seperti: CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen ini digunakan untuk membuat komputer virtual, konfigurasi komputer virtual ini pun dapat diubah sesuai kebutuhan. Kita juga bisa menginstall OS maupun aplikasi apapun didalamnya. salah satu vendornya adalah

    windows-azure
  3. Platform as a Service (PaaS)
  4. Plaform as a Service adalah suatu layanan dimana kita menyewa tempat yang lingkungannya terdiri dari sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita bisa menganologikan “PaaS” ini Seperti “hotel”. Kita tidak perlu pusing untuk memelihara dan merawat kamar kita dan bila kita tidak nyaman maka tinggal pindah di hotel yang lain.

    Itu adalah gambaran mengenai PaaS. Tidak perlu memikirkan bagaimana pemeliharaan platrform yang disediakan, yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan pada platform yang disediakan PaaS. Jika tidak nyaman maka kita tinggal complain pada penyedia layanan atau pindah ke penyedia layanan yang lebih baik. salah satu vendornya adalah

    #. Amazon Web Services (http://aws.amazon.com/)
    amazon
  5. Software as a Service (SaaS)
  6. Software as a Service adalah layanan cloud computing yang menyediakan software yang kita butuhkan tanpa harus menginstall ataupun membeli lisensi. Hanya dengan koneksi internet dan memakai layanan cloud computing ini anda sudah bisa memakai software yang anda butuhkan. Beberapa contoh penyedia layanan SaaS yaitu Office 365 atau yang biasa kita kenal Microsoft Office , Adobe Creative Cloud atau yang biasa dikenal di computer offline yaitu Adobe Suite, dsb. salah satu vendornya adalah

    #. SkyDrive (www.skydrive.live.com
    skydrive

PRINSIP KERJA CLOUD COMPUTING

Prinsip kerja cloud computing ini berawal dari prinsip flesibilitas yang dimana user lebih dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam penggunaan komputer. Jadi dalam prinsip ini mengutamakan internet sebagai alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Proses kerja cloud computing menggunakan internet sebagai basis utama pengoperasian aplikasi. Semua data akan dikirim dan diproses lewat internet. Selain itu juga cloud computing menggunakan prinsip on-demand (saat itu juga), prinsip ini juga membuat cloud computing dapat digunakan anywhere and anytime.


MANFAAT CLOUD COMPUTING

Manfaat yang akan didapatkan bila menggunakan cloud computing, yaitu :
  1. Kemudahan untuk menambah kapasitas penyimpanan. Tidak perlu membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk, flashdisk, dsb. Kita cukup menambah kapsitas penyimpanan pada penyedia layanan cloud computing.
  2. Kemudahan mengakses. Kita dapat menggunakan layanan cloud computing dimanapun, sehingga tidak menyulitkan kita serta dengan perangkat apapun (laptop, pc, hand phone, dan sebagainya) asal kita terkoneksi dengan jaringan internet.
  3. Keamanan data terjamin. Data yang kita simpan dalam cloud computing tentu telah dijamin keamanannya oleh penyedia layanan.
  4. Antisipasi yang baik terhadap keadaan alam yang membahayakan data. Saat terjadi bencana alam yang mengakibatkan peralatan penyimpanan kita rusak. Bila kita sudah menyimpannya pada cloud computing, maka kita masih bisa menggunakan data

{{{{Created by: khususspemula.blogspot.com}}}}

KELEBIHAN CLOUD COMPUTING

  1. Menghemat biaya operasional
  2. Cloud computing dapat menghemat biaya operasional karena seseorang, kelompok, maupun perusahaan yang menggunakan cloud computing ini tidak perlu lagi menyediakan PC terlalu banyak untuk pengoperasian kebutuhannya. Cukup dengan menyewa program cloud computing yang sesuai dengan kebutuhan, operasional sudah bisa berjalan dengan semestinya.

  3. Menghemat tempat
  4. Meskipun kita hanya punya satu PC, yang penting kita punya akses jaringan internet kita bisa menghemat biaya pembelian PC lain hanya dengan menggunakan aplikasi-aplikasi dari cloud computing yang sesuai dengan kebutuhan kita. Karena cloud computing memungkinkan kita memiliki beberapa komputer virtual.

  5. Efisien, efektif dan praktis
  6. Jika kita butuh server dengan kapasitas besar kita bisa menyewanya dengan biaya yang sesuai dengan ketentuan, sehingga kita tidak perlu repot-repot membeli server yang harganya juga tidak murah itu. jadi cloud computing terbukti lebih efektif, efisien, praktis dalam penggunaannya.

  7. Fleksibilitas
  8. Cloud computing tidak ada batas untuk mengakses, yang terpenting kita punya akses untuk jaringan internet, mau kita di sawah, hutan, jalan, tempat wisata dll, kita pasti bisa mengakses, memanfaatkan cloud computing ini sesuai dengan kebutuhan kita.
  9. Mengurangi biaya pembelian lisensi untuk perangkat lunak

  10. Aplikasi-palikasi dari cloud computing sudah memberikan fasilitas perangkat lunak, seperti di skydrive ada : word, excel, powerpoint dll, program ini sudah ada tanpa kita harus menginstallnya dahulu ataupun membeli lisensinya.

  11. Pembaruan perangkat lunak Instan
  12. Kita bisa menikmati perangkat lunak yang selalu di upgrade oleh vendor, tanpa harus kita yang meng-upgradenya sendiri. Sehingga kita selalu menggunakan software yang ter-upgrade.

  13. Pasar baru bagi praktisi IT
  14. Bagi para praktisi pengembang IT, ini adalah sebuah pasar baru yang semakin tahun semakin berkembang karena bisnis ini sangat mudah menarik konsumen dikarenakan keuntungan-keuntungan bagi penggunanya yang cukup menggiurkan


KELEMAHAN CLOUD COMPUTING

  1. Bergantung dengan internet
  2. Menggunakan cloud computing berarti kita diharuskan memiliki akses internet, hanya saja kendalanya jika koneksi internet lemah maka proses menjalankan aplikasinya juga akan ikut melemah juga sehingga poin penting dari cloud computing salah satunya adalah koneksi internet.

  3. Data yang anda simpan mungkin tidak aman
  4. Dengan komputasi awan, semua data disimpan dicloud, pertanyaan adalah Bagaimana aman atau tidakkah data-data yang kita simpan? Dapatkah pengguna yang tidak sah menggunakana data kita, semua itu kembali ke masing-masing vendor.

  5. Kualitas server dari cloud computing
  6. Salah satu hal terpenting yang harus kita pertimbangkan adalah kualitas dari penyedia layanan server cloud computing, karena bukan tidak mungkin kita akan dirugikan ketika server tempat dimana kita menyimpan semua file atau akses program kita sewaktu-waktu akan down dan mengurangi performanya. Alih-alih kita semakin dimudahkan dengan cloud computing, bisa-bisa kita malah dirugikan dengan cloud computing.

  7. Berkurangnya tenaga IT
  8. Setelah perusahaan-perusahaan beralih ke cloud computing bisa jadi permintaan tenaga IT akan berkurang. Karena, cloud computing sangat mudah digunakan sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga IT.

  9. Belum terjaminnya keamanan file yang kit simpan
  10. Mempercayakan file kita ke vendor berarti kita harus mempercayakan sepenuhnya atas apa yang mungkin akan terjadi ke file kita, seperti halnya kita mengunggah file-file ke facebook you tube maupun yang lain.


KESIMPULAN
Cloud computing merupakan trobosan teknologi baru yang bisa memudahkan para penggunanya menikmati berbagai program yang disediakan vendor tanpa harus membeli lisensi ataupun meng-upgrade program-program yang disediakan, selain itu pengguna juga tidak usah susah-susah membeli komputer telalu banyak untuk menunjang aktifitasnya, kita cukup menyewanya dari penyedia layanan dengan biaya yang masih terjangkau, kalaupun kita sudah tidak menggunakannya kita tidak perlu lagi memperpanjang untuk menyewa.

Menggunakan cloud computing ibarat kita kontrak rumah, jika kita sudah tidak nyaman lagi dirumah tersebut, kita pindah ke rumah lain saja yang lebih baik juga bisa. Namun dibalik berbagai kelebihannya, cloud computing juga memiliki beberapa kekurangan seperti ketidakpastiaan aman atau tidaknya file-file yang kita simpan, ketergantungan terhadap akses internet, belum lagi kalau internet lelet, proses menjalankan programnya juga ikut lelet.

Jadi, seperti pepatah bilang, "tak ada gading yang tak retak" ini adalah istilah yang pas untuk menggambarkan cloud computing, karena kelebihannya yang sangat banyak itu juga terselip kekurangannya, ini mungkin yang harus diperbaiki oleh praktisi pengembang IT ataupun kita juga bisa memberikan sumbangsih untuk perkembangan cloud computing kearah yang positif. Sehingga cloud computing menjadi trobosan baru teknologi virtual yang mumpuni dalam menunjang aktifitas operasional pribadi, golongan maupun perusahaan.

SEMOGA BERMANFAAT

Baca Juga Artikel Teknologi Komunikasi Selengkapnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

20 komentar

komentar
2 November 2014 19.20 delete

Cloud computing ini memang teknologi masa depan yang menjanjikan, karena banyak dipakai di platform smartphone.

Reply
avatar
7 Desember 2014 11.27 delete

Keren gan jadi klo pake cloud kyak disimpen di internet gitu ya hehe

Reply
avatar
7 Desember 2014 17.20 delete

bisa dibilang sperti itu
tapi sebenernya nyimpen datanya itu ikut server dari vendor yang kita pilih
nah kalo untuk aksesnya kita harus menggunakan internet.. :)

Reply
avatar
29 Desember 2014 20.16 delete

suppper bermanfaat postnya gan

Reply
avatar
25 Januari 2015 15.30 delete

mantep emang ini gan, keren deh pokonya :D

Reply
avatar
30 Januari 2015 14.13 delete

sama-sama gan semoga bermanfaat

Reply
avatar
30 Januari 2015 14.13 delete

terima kasih..semoga bermanfaat

Reply
avatar
8 Maret 2015 12.56 delete

Thank gan..
Buat referensi tugas kuliah :)

Reply
avatar
11 Maret 2015 20.28 delete

buat nambah pengetahuan gan :D

Reply
avatar

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting