Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman

pemrograman
Saya akan membahas sedikit tentang bahasa pemrograman, yang mana ilmu ini saya dapatkan dari jalan-jalan di Wikipedia dan juga ke blog WMRware, baik langsung saja kepembahasan.

Apa itu bahasa pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah suatu intruksi atau perintah yang difungsikan untuk memerintahkan komputer. Komputer sendiri tidak akan bisa berbuat apa-apa jika tidak ada perintah atau dalam hal ini adalah sebuah program.

Program dibuat manusia menggunakan kalimat-kalimat, sedangkan komputer hanya mengenali angka 0 dan 1 (biasa disebut bilangan biner), oleh sebabnya agar kalimat perintah yang dibuat programer bisa dijalankan komputer, maka kalimat tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu kedalam bahasa mesin.

Proses penerjemahan perintah

Program dalam melakukan penerjemahan bahasa disebut dengan Translator (Penerjemahan). Translator sendiri terdapat 2 macam, yaitu Compiler dan juga Interpreter.
  • Interpreter
  • Interpreter menerjemahkan source code yang dibuat oleh programer secara bertahap perbaris yang kemudian dijadikan dalam bentuk kode mesin dahulu, setelah baris satu bisa dimengerti komputer maka intruksi akan dijalankan komputer, lalu akan dilanjutkan penerjemahan kebaris kedua kemudian ketiga dan seterusnya sampai selesai
  • Compiler
  • Compiler menerjemahkan intruksi yang dibuat oleh progremer langsung secara menyeluruh, jika komputer bisa mengerti intruksi yang telah diterjemahkan oleh komputer akan langsung dijalankan. proses seperti ini disebut dengan Kompilasi. Setelah kompilasi berhasil maka compiler sudah tidak digunakan lagi karena kompilasi akan menjalankan program langsung tanpa menggunakan Translator lagi

Macam-macam Bahasa Pemrograman

untuk macam-macam jenis bahasa pemrograman sangatlah banyak, tapi disini saya akan membahasnya beberapa saja yang sering saya gunakan.
  1. Bahasa Pemograman VISUAL BASIC
  2. Visual Basic (lebih familiar disebut VB) adalah keluaran produk dari Microsoft, bahasa pemrograman ini berbasis Integrated Development Environment (IDE) visual yang mana digunakan untuk membuat program software yang berbasis OS Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), VB sendiri adalah turunan dari bahasa pemrograman BASIC yang menawarkan pengembangan software yang berbasis grafik dengan cepat.

  3. Bahasa Pemrograman SQL
  4. Selanjutnya adalah SQL(Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang bisa kita manfaatkan untuk mengakses ataupun membuat sebuah basis data relasional. Software yang sering digunakan dari free biasanya adalah MySQL

  5. Bahasa pemograman JAVA
  6. Bahasa Pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan pada berbagai alat komunikasi, seperti komputer bahkan juga Handphone juga bisa. Untuk software yang digunakan juga sangat banyak variasi pilihannya, ada PHP Designer, Sublime, Netbeans dll.

  7. Bahasa Pemrograman PHP
  8. Bahasa Pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para programer saat ini. PHP sendiri sudah ada sejak tahun 1995 (ini ane baru lahir nih gan hehe..), yang buat Rasmus Lerdorf. Awal launching namanya sebenarnya adalah FI (Form Interpreted), yang mana bentuknya berupa sekumpulan script yang mana digunakan untuk mengelola data form dari web. Selanjutnya FI terus berproses menjadi PHP/FI 2.0 ditahun 1997, lalu Kemudian dengan perkembangan fitur juga Namanya di Ubah menjadi PHP (Personal Home Page).

    PHP sendiri merupakan bahasa script yang dapat kita tanamkan kedalam bahasa HTML bahkan juga bisa kita gabungkan juga dengan CSS, fungsinya sendiri bisa kita manfaatkan untuk membuat website ataupun program-program yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Untuk software anda bisa menggunakan PHP DesignerSublimeNetbeans 

  9. Bahasa pemograman HTML
  10. HyperText Markup Language atau lebih sering dan mudah disebut dengan HTML merupakan sebuah bahasa markup yang khusus digunakan untuk membuat sebuah website dan juga menyajikan berbagai informasi ke dalam sebuah browser Internet.  (Mozila, Google Chrome, IE dll)

  11. Bahasa Pemrograman CSS
    Cascading Style Sheets atau lebih sering kita sebut dengan CSS merupakan sebuah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat sebuah tampilan website, program ataupun dokumen yang didesain oleh programer.

Untuk sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, kalau mau request artikel silakan saja hubungi di contact saya DISINI, dan untuk melihat artikel keren lainnya silakan main KESINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
21 Maret 2015 pukul 21.14 delete

Nice min , nambah ilmu ane

Reply
avatar
22 Maret 2015 pukul 02.32 delete

Wahh ilmu ane nambah lagi nuh tentang bahas pemograman

Reply
avatar
csp
22 Maret 2015 pukul 05.56 delete

hehe..
saya hanya share ilmu yang saya dpet dri jalan2 :)

Reply
avatar
csp
22 Maret 2015 pukul 05.58 delete

alhamdulillah semoga bermanfaat

Reply
avatar
csp
22 Maret 2015 pukul 06.01 delete

Alhamdulillah
kalo bisa bermanfaat :)

Reply
avatar

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting