Jenis License Software

Jenis - jenis lisensi Software

Tahukan anda, ada beberapa jenis lisensi disetiap software yang anda download, baik secara cuma-cuma alias gratis ataupun yang berbayar, kali ini saya akan membahasnya karena barusan setelah jalan-jalan ke mbah wiki saya nambah lagi ilmunya dikit..hehe

software

Freeware

Jenis software ini untuk penggunaannya bisa dibilang memang bebas, anda bisa mendownload secara gratis dan menggunakannya sesuka hati anda, tanpa dibatasi waktu penggunaan, dan anda pun bebas menyebarluaskannya. Namun anda tidak bisa melihat source code nya dan juga dilarang untuk menjual untuk kepentingan pribadi.


Shareware

Untuk jenis software ini, biasanya untuk download awal kita akan di sediakan gratis dan anda bisa mencoba semua fitur yang ada di software tersebut, tidak cukup itu saja, kita juga bisa berbagi kepada kawan-kawan yang lain tanpa menghubungi vendor terlebih dahulu.

Namun, dalam pemakaiannya kita akan dibatasi, misalnya kita diberi waktu mencoba selama 30 hari (trial), ada juga software yang mengijinkan untuk akses hanya 10 kali, ada pula beberapa features yang tidak bisa digunakan saat kita menggunaka jenis software ini 

Setelah itu software yang kita gunakan akan terkunci ataupun masih berfungsi akan tetapi penggunaannya akan dibatasi, jadi kita harus membeli lisensinya untuk bisa menggunakan secara maksimal.

Trial

Software ini biasanya digunakan untuk software yang premium, biasanya untuk trial nya bisa kita download secara gratis namun dalam penggunaannya tidak bisa kita gunakan secara maksimal seperti yang premium. dan biasanya untuk masa trialnya maksimal sekitar 30 hari-an.

Software ini memang ditujukan untuk uji coba kepada user, jadi initinya saat user tertarik dengan sekilas melihat kegunaan software tersebut maka user bisa membeli lisensinya untuk bisa menggunakan software tersebut seutuhnya.

Commercial

Software ini mewajibkan user membayar untuk mendapatkan izin menggunakan software tersebut langsung dari vendornya, dan setelah mendapatkan lisensinya pun user tidak diperbolehkan untuk menduplikasikan software tersebut tanpa seizin dari vendor tersebut.

Contoh dari jenis lisensi ini seperti OS Windows. dan mungkin ini jenis lisensi ini adalah yang paling jarang di punyai oleh personal kawan-kawan sekalian termasuk saya hehe.

Open Source

Inilah jenis software yang bisa dibilang Halalan Toyyiban. karena software ini bebas di download dan kita juga bisa memodifikasi source code nya untuk mendapatkan software lebih optimal lagi dan sesuai kebutuhan, dan hebatnya lagi kita juga bisa menyebarluaskan software tersebut.

Akan tetapi meskipun kita diberi akses penuh untuk melakukan apapun dengan software ini, kita di anjurkan untuk tetap menggunakan nama aslinya, Penggagas Open Source adalah dengan karya Linux nya (Linus B Torvalds)
Linus B Torvalds

General Public License

Inilah jenis software yang paling ekstrim, karena software ini membebaskan sebebas-bebasnya, mau anda donwload, anda modifikasi, anda jual kembali tanpa memberi tahu vendor itu terserah user sendiri, yang terpenting hanya satu saja aturannya yaitu source code original dan license nya tetap harus ditampilkan. dan tokoh dari pencetus gagasan ini adalah Richard M Stallman
Richard M Stallman

Itulah tadi sekelumit tentang jenis-jenis lisensi untuk software, berikut sumber yang jadi acuan dalam pembuatan artikel ini:
1. https://rizaru.wordpress.com/2013/03/21/license/

Jangan lupa juga baca juga info menarik mengenai Seputar Data Center DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting