Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER

A. Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari kumpulan komputer, software dan peralatan lainnya yang mana perlatan tersebut terhubung dalam satu kesatuan yang mana dihubungankan dengan suatu media transmisi dan menggunakan suatu protokol komunikasi, sehingga peralatan tersebut dapat saling berbagi dan bertukar informasi satu sama lain.

Dalam bahasa yang sederhana..Intinya adalah kumpulan dari beberapa PC yang dihubungan dengan sebuah media transmisi sehingga PC dapat terhubung satu sama lain, untuk lebih detailnya akan saya bahas dibawah ini.

A. Jenis Jaringan
  1. LAN (Local Area Network)
  2. LAN biasanya area cakupannya tidak terlalu besar, biasanya hanya bisa mencakup perkantoran, sekolah dalam sebuah gedung. LAN sendiri memiliki 2 (dua) tipe jaringan, yaitu: Peer to Peer dan Client Server.

  • Peer to Peer

      Adalah sebuah sistem yang mana setiap komputer bisa menjadi Workstation (Pengguna Data) dan bisa juga menjadi Server (Pelayan Data). Jadi bisa kita bilang semuanya sama tidak pandang bulu. Berikut ilustrasi gambarannya.
      peer to peer


  • Client Server

      Merupakan sebuah sistem yang mana terdapat komputer tertentu yang menjadi Server (Penyedia Layanan) dan yang lain hanya bisa menjadi Client (Pengguna Data). Jadi, Server berhak dan bertanggung jawab sepenuhnya atas semua data yang ada. Berikut ilustrasi gambarannya.
      client server

  1. MAN (Metropolitan Area Network)
  2. pada dasarnya merupakan versi LAN yang lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10 – 50 km.

  3. WAN (Wide Area Network)
  4. adalah jaringan yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua. Biasanya sudah menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut. Sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK International yang mempunyai banyak cabang di berbagai negara.

B. Topologi Jaringan
Topologi adalah pola hubungan dari komponen-komponen pembentuk jaringan, baik secara fisik maupun logik. Penentuan topologi jaringan akan berpengaruh pada: Topologi adalah pola hubungan dari komponen-komponen pembentuk jaringan, baik secara fisik maupun logik. Penentuan topologi jaringan akan berpengaruh pada: Tipe peralatan jaringan yang dibutuhkan, Kemampuan peralatan, Pertumbuhan Jaringan, Penanganan manajemen jaringan. Secara umum terdapat 3 topologi fisik yang sering digunakan LAN
  1. Topologi BUS
  2. Pada topologi bus setiap komponen jaringan terhubung ke jalur komunikasi utama yang disebut backbone yang kedua ujungnya diterminasi dengan alat yang disebut Terminator. Media yang digunakan adalah kabel Koaksial.
    Keuntungan
    1. Hemat kabel
    2. Layout kabel sederhana
    3. Mudah dikembangkan
    Kerugian
    1. Kepadatan lalu lintas data
    2. Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

  3. Topologi RING (Cincin)
  4. Pada topologi ini kabel yang digunakan akan membentuk lingkaran tertutup sehingga mengesankan seperti cincin tanpa ujung. Secara umum layout topologi ring juga relatif sederhana
    Keuntungan
    1. Hemat Kabel
    Kerugian
    1. Peka kesalahan
    2. Pengembangan jaringan lebih kaku

  5. Topologi Star (Bintang)
  6. Pada topologi star setiap komputer (node) pada jaringan terhubung pada sebuah pusat atau konsentrator berupa HUB atau SWITCH. Aliran data setiap node akan menuju konsentrator (HUB) terlebih dahulu sebelum ke node tujuan.
    Keuntungan
    1. Paling fleksibel
    2. Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
    3. Kontrol terpusat
    4. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
    5. Kemudahaan pengelolaan jaringan
    Kerugian
    1. Boros kabel
    2. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

  7. Topologi Mesh dan Tree
  8. Selain topologi di atas ada beberapa topologi yang ada antara lain topologi mesh dan tree (pohon). Pada topologi mesh tiap komputer saling terhubung dengan setiap komputer yang ada di dalam jaringan, sedangkan topologi tree adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus.
Berikut contoh ilustrasi gambar dari tiap topologi diatas
topologi

Baca juga selanjutnya artikel mengenai Teknologi Informasi DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting