Seputar Multimedia

Lebih Jauh tentang Multimedia

multimedia
Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu mengenai Multimedia yang pernah saya dapat di tempat belajar yang paling demokratis..hehe :)

Apa itu Multimedia?

Ada beberapa tokoh yang mendefinisikan tentang Multimedia, yaitu:
-Mc Cormick,1996 "Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks".

-Turban dkk, 2002 "Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar".

-Robin dan Linda, 2001 "Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video"

-Hofstetter, 2001 "Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi".

Namun secara garis besar, Multimedia adalah "Sebuah cara memanfaatkan komputer untuk membuat ataupun menggabungkan berbagai unsur (gambar, audio, grafik dll) yang mana hal tersebut bisa merepresentasikan sesuatu."

Kelebihan Multimedia

  1. Lebih menarik dalam penyampaiaannya karena dalam multimedia banyak unsur yang di gabung mejadi satu kesatuan yang utuh sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang menarik.
  2. Riset yang dilakukan Computer Technology Research (CTR) menyebutkan bahwasannya, seseorang hanya bisa mengingat 20 % dari apa yang dilihatnya, 30 % dari apa yang didengarnya. Tetapi orang dapat mengingat 50 % dari apa yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.  

Komponen Multimedia

  1. Audio
  2. PC multimedia yang tanpa bunyi disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat berasal dari suara, musik da juga efek-efek suara.
  3. Video
  4. Video menyediakan sumberdaya yang sangat banyak dan hidup bagi aplikasi multimedia. bisa dibilang video merupakan ruhnya dalam multimedia kalau kita merujuk pada Riset yang dilakukan CTR yang dikemukakan diatas tadi
  5. Teks
  6. Teks merupakan komponen yang mudah untuk disimpan dan dikendalikan. Teks sendiri bisa membentuk kata kalimat, dan juga narasi dalam menyajikan multimedia
  7. Gambar
  8. Tujuannya dari memasukkan komponen gambar adalah untuk mengurangi kebosanan dan juga menarik perhatian. Gambar juga bisa dimanfaatkan pula untuk menyajikan data lebih rinci dan real.
  9. Animasi
  10. Animasi adalah cara penggunaan komputer yang bertujuan untuk menciptakan gerak pada layer.

Pemanfaatan Multimedia

  1. Multimedia Dalam Bisnis
  2. Pengimplementasian dalam dunia bisnis yang paling sering kita jumpai adalah untuk presentasi, marketing, pelatihan, periklanan, demo produk, database catalog dan komunikasi jaringan.
  3. Multimedia Dalam Pendidikan
  4. Saat ini untuk pembelajaran berbasis multimedia sendiri menjadi metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. yang mana para peserta didik juga lebih mudah dalam memahami pelajaran yang disampaikan.


Sekian dulu pembahasan mengenai MULTIMEDIA, Baca juga selengkapnya artikel mengenai Jaringan Komputer DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting