Animator Indonesia

Animator Indonesia yang Mendunia

indonesia
Postingan ini hadir setelah saya membaca artikel dari website Tempokini yang menyebutkan nama-nama Animator yang sukses melanglang buana ke luar negeri dan menghasil maha karya yang sangat menakjubkan.

Apa itu Animasi?

Animasi merupakan gambar bergerak yang mana terbentuk dari gambar (objek) yang telah disusun secara teratur untuk menghasilkan sebuah gerakan layaknya gambar tersebut hidup. Orang yang membuat animasi disebut Animator. Di Indonesia sendiri untuk Animator-animator lokal saat ini sudah semakin banyak dengan berkembangnya film grafis belakangan ini, dan hasil karya anak bangsa ini pun juga mantap-mantap dan mendidik pastinya.

Contoh hasil animasi karya Animator Indonesia seperti Adit & Sopo Jarwo produksi MD Entertainment serial ini dibuat oleh cukup banyak animator dan bisa anda lihat sendiri hasilnya memang benar-benar mantap hehe, ada juga Bima X, Garuda Rider, Uwa dan Rimba Indonesia dll.

Adakah Animator Indonesia yang sudah Go Internasional? 

Jawabannya adalah YA..
Animator Indonesia juga banyak yang sudah menembus pasar amerika, diantaranya ada yang ikut serta dalam penggarapan The Adventures of Tintin GIJOE Transformers: Revenge of the Fallen dll. Berikut tokoh-tokoh animator Indonesia yang sudah mendunia.

Siapa saja mereka?

Rini SugiartoRini Sugiarto
Rini adalah lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California. Karir pertamanya adalah ikut dalam film The Adventure of Tintin yang disutradarai Steven Spielberg. Dari sini dia kebanjiran pesanan. Ia juga ikut bagian dalam penggarapan film The Avengers, Planet of the Apes, Iron Man 3, dll.

Menurut berita yang dilansir oleh VOA Indonesia pertengahan januari lalu, bahwasanya berkat kesuksesannya dalam penggarapan The avenger yang pertama, oleh karenanya Rini dipanggil kembali untuk membantu menggarap film Avengers: Age of Ultron

christian leeChristiawan Lie
Animator Indonesia kedua yang lahir di Bandung, 5 September 1974 ini dulunya memang tergila-gila dengan komik, Chris mencari beasiswa S2 untuk menempuh ilmu pembuatan komik di Amerika Serikat. saat ia mendapat program magang di Devil’s Due Publishing, ia bertemu dengan Hasbro, pemilik lisensi komik Transformers dan GI JOE. Dari sini lah karirnya dimulai. Jika anda tau sebenarnya Film Transformers diangkat dari komik yang salah satu ilustratornya adalah Chris.

Lewat perusahaannya yang bernama Caravan Studio, ia sudah menghasilkan 10 ilustrasi, 13 grafik novel dan komik, 4 desain konsep, 6 desain mainan, dan tidak lupa juga ilustrasi kemasan. Chris merupakan salah satu orang Indonesia yang berhasil menembus industri komik mainstream di Amerika Serikat.

andre surya Andre Surya
Animator Indonesia ketiga ini ikut serta penggarapan Iron Man, Terminator Salvation, Star Trek, Transformers: Revenge of the Fallen, dan Iron Man 2, sebagai Digital Artist

Andre sendiri beberapa kali beberapa kali telah mendapat penghargaan baik lokal maupun internasiona, seperti saat gambarnya yang berjudul Somewhere in the Sky yang ditampilkan di CGOVERDRIVE, konferensi Computer Graphic terbesar di Asia. Tidak hanya itu gambar tersebut juga memdapat apresiasi Indocg Showoff Book, sebuah buku kumpulan CG Art Indonesi, dan masih banyak prestasi lain.

Sebenarnya masih banyak juga sih Animator Indonesia lain seperti Griselda Sastrawinata dengan filmnya Madagaskar, Kungfu Panda & Bee Movie, Shrek, Monster Inc, How to Train Your Dragon 2. ada pula Roni Gani yang ikut menggarap film Pacific Rim, The Avengersm dll, Ada lagi Marsha Chikita Fawzi yang ikut juga menggarap film Upin-Ipin dan masih banyak lagi Animator-animator lainnya

Patut lah kita berbangga atas pencapaian anak bangsa yang telah ikut menorehkan namanya dijajaran animator dunia, ini membuktikan bahwa Indonesia pun bisa memberi warna di kancah dunia. Ini juga bisa kita jadikan motivasi pelecut semangat kita khususnya anak desain grafis untuk lebih semangat lagi belajar dan mengikuti jejak para senior-senior diatas.. hehe

Itu lah sekilas tentang tokoh-tokoh Animator Indonesia yang telah mendunia, Jangan lupa Subscribe dan juga Baca Artikel-artikel seru lainnya DISINI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1. Dilarang komentar SARA
2. Promosi boleh tapi dengan syarat (no sex, judi dan hal yang terlarang lainnya)
3. Cukup perhatikan nomor 1 dan 2 saja
4. Thank you for visiting